Tahun Ini, Festival Ulundanu Beratan Kembali Digelar

  • 03 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3974 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Sampai dengan Agustus 2016 mendatang, obyek wisata Ulundanu Beratan akan memberikan pengalaman berwisata yang berbeda dari hari-hari biasanya, khususnya pada akhir pekan. Ini seiring akan dimulainya Festival Ulundanu Beratan yang akan dibuka pada Minggu (5/6/2016).

Selama festival berlangsung, setidaknya ada 1.200 orang seniman yang akan terlibat di dalamnya. Mereka akan menyuguhkan pagelaran kesenian serta berbagai aktivitas perlombaan di bidang budaya.

Manajer Daya Tarik Wisata (DTW) Ulundanu Beratan I Wayan Mustika menjelaskan, Festival Ulundanu Beratan merupakan kegiatan pesta seni dan budaya yang rutin digelar tiap dua tahun sekali. Dalam pelaksanaannya kali ini, festival tersebut akan mengambil tema Amurwa Ranu Laksana yang bermakna mengenang masa lampau.

“Selain untuk melestarikan kebudayaan, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Sekaligus mempromosikan DTW Ulundanu Beratan di tingkat nasional dan internasional. Dengan adanya festival ini harapannya kami bisa mencapai target kunjungan 500 ribu orang,” jelas Mustika, Jumat (3/6/2016).

Pihaknya juga berharap, festival ini bisa menjadi pilot project bagi DTW lainnya. Serta, ikut membantu program Kementerian Pariwisata RI di bidang promosi. Baik di jenjang nasional maupun internasional.

Pembukaan festival akan ditandai dengan parade budaya yang mengambil start dari taman beji dan berakhir di wantilah areal DTW Ulun Danu Beratan. “Pawai gebogan, pementasan barong sai, tari roda, dan sebelas baleganjur akan tampil pada pawai pembukaan,” jelasnya.

Juga akan dipentaskan tari Sekar Sandat Serasi yang merupakan maskot Kabupaten Tabanan. Tidak ketinggalan juga, tari hiburan Bikul Pisuh akan dipentaskan pada acara pembukaan.

Dia menerangkan, rentetan kegiatan juga akan diadakan setelah pembukaan. Seperti lomba cepat sampan dayung yang digelar pada Rabu (8/6/2016), penebaran ikan di danau pada (9/6/2016). Setelah itu setiap Sabtu dan Minggu sampai dengan 14 Agustus  2016 mendatang akan ada berbagai pagelaran tari Bali dari pukul 12.00 Wita sampai selesai.

Kadisbupar Tabanan I Wayan Adnyana mengatakan, Festival Ulundanu Beratan telah mendapatkan bantuan dari Kementrian Pariwisata RI. Hal itu dibuktikan dengan bantuan dana yang digelontor sebesar Rp 300 Juta. “Proposal yang kami ajukan ke Kementrian Pariwisata mendapatkan respon positif. Dan, pelaksanaan festival kali ini mendapatkan bantuan dana,” jelasnya. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER