Wujudkan City Tour, Pemkab Klungkung Tata Wajah Kota

  • 16 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 4515 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Untuk mendukung program City Tour yang digadang mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, Pemkab Klungkung terus melakukan kegiatan pembenahan.

Kali ini penataan Pasar Seni Semarapura menjadi fokus utama. Dalam perencanaan penataan, Pemkab Klungkung mengumpulkan para pedagang untuk melakukan pengundian los pada Senin (16/5/2016). “Kita akan terus melakukan pembenahan untuk menata kota Klungkung,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di hadapan ratusan pedagang Pasar Semarapura.

Suwirta menjelaskan, tujuan diadakannya pengundian kepada para pedagang di Pasar Semarapura ini tidak lepas dari program Pemkab Klungkung untuk menata Kota Klungkung dari berbagai sektor. Salah satunya adalah Program City Tour. “City Tour itu adalah ending dari perjalan wisata yaitu salah satunya adalah pasar,” tegas Suwirta.

Bupati asal Nusa Ceningan ini berharap penataan pasar seni ini benar-benar menjadi tempat yang ideal dan representatif. Gayanya modern namun mewadahi berbagai pelaku dan produk UMKM yang ada di Klungkung.

Penataan utama yang dilakukan pada 2016 yakni dengan menghidupkan jalan lingkar yang ada di antara bangunan Pasar Semarapura. Hal ini dimaksud untuk menciptakan sirkulasi di pasar. Sehingga tidak ada kesan hanya beberapa tempat yang akan dikunjungi. Sementara, ada tempat lain yang sepi pengunjung. “Tahun 2017 Pemkab akan mengaspal jalan dilingkungan  Pasar Seni Semarapura, sehingga nanti layak dan nyaman untuk dilalui,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Manengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung I Gede Kusumajaya, menjelaskan sedikitnya 289 pedagang yang sebelumnya berada pada zona jalan lingkar akan direlokasi. Para pedagang seluruhnya mendukung program yang direncanakan pemerintah Klungkung. “Sekarang ini pedagang akan direkolasi untuk menempati sejumlah blok yang ada di lantai tiga pasar Semarapura,’’ ujarnya.

Dalam pengundian los juga juga dihadiri Wakil Bupati Klungkung Made Kasta, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Sujana, Kepala UPT. Pasar Semarapura Komang Widiasa Putra serta ratusan pedagang di Pasar Semarapura Kabupaten Klungkung. (jul)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER