Tjokorda Istri Muter, Perintis Guru TK Di Bali Meninggal Dunia

  • 09 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4139 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com – Tjokorda Istri Muter perintis guru TK di Bali meninggal dunia Sabtu (9/4) jam 04.00 wita di Puri Agung Peliatan Ubud, Gianyar.  Prosesi pelebonan akan dilangsungkan pada tanggal 29 Mei 2016.

Tjokorda Istri Muter merupakan tokoh perintis guru TK pertama dan guru TK tertua di Bali, beliau dilahirkan pada tanggal 3 Maret 1922. Menjadi guru sejak semenjak tahun 1946 dan pensiun di usia 65 tahun. Dari pengabdiannya menjadi guru TK telah melahirkan banyak guru besar di perguruan tinggi di Bali.

Menurut Cokorda Gde Putra Nindia penglingsir Puri Agung Peliatan Ubud, Tjokorda Istri Muter adalah anak pertama dari 11 bersaudara Raja Peliatan. Dengan kata lain, Tjokorda Istri Muter adalah kakak dari Raja Peliatan Ida Dwagung Peliatan IX yang di pelebon pada tahun 2010 dan kakak dari ibu Bupati Gianyar saat ini, AA Gde Bharata. “Selama hidupnya beliau kania, tidak menikah seumur hidup” jelas mantan Sekda Gianyar ini.

Ditambahkannya, Tjokorda Istri Muter lebar (meninggal dunia) pada subuh jam 04.00 wita tadi (Sabtu 9/4-red) karena memang sudah lanjut usia, beliau juga tidak menderita sakit. Semasa hidupnya, Tjokorda Istri Muter menjadi pelopor guru TK di Yayasan Perguruan Rakyat (PR) Saraswati semasih di Br. Tainsiat, Denpasar. “Untuk prosesi pelebonan beliau akan kami laksanakan tanggal 29 Mei 2016 mendatang,” ungkap Cok Nindia singkat.

Saat ini almarhum Tjokorda Istri Muter disemayamkan di Puri Agung Peliatan, Ubud, sambil menunggu prosesi pelebonan. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER