3 Wisatawan Tenggelam di Danau Beratan Berhasil Diselamatkan

  • 08 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 5569 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com– Tiga orang wisatawan tenggelam saat berwisata di Danau Beratan, Banjar Dinas Candi Kuning II, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti Tabanan. Beruntung berkat kesigapan Satuan Polisi Air Polres Tabanan ketiga wisatawan itu berhasil diselamatkan dan diangkat kedaratan. Skenario penyelamatan tersebut merupakan bagian dari simulasi yang digelar Pol Air Polres Tabanan, Jumat, (08/04/2016).

Simulasi penyelamatan orang tenggelam itu dimulai pukul 10.00 wita. Diawali oleh petugas yang mempersiapkan rubber boat 1 unit, Spead boat 1 unit, dan dan kapal tipe C2 Bulung Daya 1 unit. Setelah semuanya siap, simulasi dimulai. Yang pertama dua orang petugas yang berperan sebagai wisatawan naik boat keliling danau beratan. Saat posisi boat di sisi danau yang lain yang jauh dari dermada, tiba-tiba keduanya terpeleset dan tercebur kedanau. Satu korban kemudian tenggelam, sementara satu lagi melambaikan tangan meminta pertolongan. Lambaian tangan korban itu mengundang perhatian warga sekitar, dan petugas langsung bergerak saat melihat korban tenggelam. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kedua korban berhasil diselamatkan dan diangkat ke daratan melalui dermaga. Setelah simulasi pertama sukses, petugas kemudian melakukan simulasi kedua denan skenario yang hampir sama, namun kali ini korbannya cuma satu orang.

Kepala satuan Polisi Air Polres Tabanan, Iptu Ida Bagus Suryanata yang memimpin simulasi mengatakan dipilihnya di Danau beratan pelatihan evakuasi korban, lataran Danau Beratan merupakan kawasan obyek wisata Bedugul yang banyak pengunjung. Dengan demikian potensi terjadinya kecelakaan di danau tersebut cukup besar. “Kawasan Bedugul ini banyak dikunjungi wisatawan untuk itu kemanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung merupakan suatu keharusan,” ucapnya. Simulasi kali ini kata dia sebagai salah satu upaya  meningkatkan kemampuan anggota secara teknis dan selalu siap dan siaga dalam memberikan pelayanan. "Ini sebagai tahap pelatihan untuk memberikan kesigapan pada anggota," jelasnya.

Dijelaskan Sat Pol Air memiliki 2 pos, yakni di Pantai Yeh Gangga dan di Danau Beratan. Untuk di Yeh gangga hanya ada rabert boat saja, kapal belum ada karena tidak ada dermaganya. Sedangkan di Danau Beratan pihaknya  pihaknya telah menyediakan kapal tipe C2 dengan nama Bulung Daya dan 1 unit Rabber Boat. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER