Pemkab Tabanan Nganyarin di Pura Besakih

  • 05 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3079 Pengunjung
suaradewata.com/ist

 Tabanan, suaradewata.com -Serangkaian karya Ida Betara turun kabeh di Pura Besakih yang jatuh pada purnamaning sasih kedasa pada 23 Maret 2016 kemarin, Pemerintah Kabupaten Tabanan melakukan upacara bhakti penganyar, Senin (04/04/2016). Rombongan persembahyangan yang dipimpin Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti,  turut hadir Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, serta para Pimpinan SKPD dan pegawai di lingkungan Pemkab Tabanan.

Bhakti penganyar di Pura Besakih kali ini dipuput Ida Peranda Gede Putraka Telaga dari Geriya dangin Carik Tabanan. Selain pegawai, persembahyangan ini juga diikuti ribuan pemedek masyarakat umum. Bupati Eka berharap melalui persembahyangan ini dapat mempererat rasa kebersamaan yang telah terjalin dan ke depan semangat ini dapat dijadikan modal awal di dalam membangun Tabanan, baik pembangunan fisik maupun mental. "Semangat kebersamaan ini harus kita tingkatkan dalam semua bidang pembangunan, baik pembangunan fisik material maupun mental spiritual. Dimana keduanya harus dilaksanakan secara seimbang sehingga pembangunan Tabanan ke arah yang lebih baik akan terwujud," ungkap Bupati Eka.

Orang nomor satu di Tabanan menambahkan persembahyangan kali ini merupakan salah satu wujud bhakti bentuk terima kasih kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa dan memohon kesucian buana agung agar senantiasa memberkati dan melimpahkan anugerah-Nya bagi kehidupan manusia. "Lewat upacara bhakti penganyar ini diharapkan manusia akan diberikan bimbingan dan petunjuk oleh Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam melaksanakan dan melanjutkan pembangunan, utamanya di Kabupaten Tabanan sesuai dengan visi Sejahtera, aman dan berprestasi (Serasi) ," ujarnya.

Karya agung ini berlangsung (nyejer) selama 21 hari dan berakhir atau masineb pada Buda Pon Wuku Medangkungan (13/4) mendatang. Sebelum melaksanakan persembahyangan di Penataran Agung, rombongan menggelar persembahyangan di pedharman masing-masing. Sebagai bentuk sradha bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, Bupati Eka menghaturkan dana punia yang diterima oleh  pemangku setempat. Rombongan mengakhiri pesembahyangan di pura Goa Lawah Kabupaten Klungkung. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER