Nyepi Caka 1938, Tabanan Gelar Tawur Balik Sumpah Agung

  • 07 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3306 Pengunjung
suaradewata.com/ist

Tabanan, suaradewata.com-  Jelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi caka 1938, pemkab Tabanan bersama Desa Pekraman Kota menggelar tawur balik sumpah agung di pempatan agung Tabanan, Selasa (08/03/201). Sehari menjelang tawur tersebut, Senin, (07/03/2016) digelar upacara mapepada dengan menyucikan prani atau hewan yang akan dikurbankan saat tawur agung keesokan harinya.

Adapun hewan kurban yang disucikan tersebut yakni kerbau, sapi, kambing , babi, anjing bang bungkem, itik dan ayam.  Bendesa Pakraman Kota I Gede Wayan Samba mengatakan tawur kali ini pihaknya mengambil tingkatan utama berupa tawur balik sumpah agung. “Sehari sebelum tawur kita gelar upacara mepepada dengan menyucikan hewan kurban yang akan dijadikan caru,”ucapnya.

Guna memperlancar jalannya upacara mepepada dan tawur, pihak Dinas Perhubungan dan Kominfo bersama Polres Tabanan telah melakukan rekayasa lalu lintas. Kadishub I Made Agus  Hartawiguna mengatakan Selasa ini pelaksan tawur kesanga akan berlangsung dicatus pata tabanan mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Untuk itu pihaknya melakuka rekayasa arus lalu lintas di wilayah tersebut. “Untuk di jalan Gunung Agung dari arah Penebel ditutup mulai selatan LP Tabanan. Arah Penebel simpang LP Tabanan dialihkan ke jalan Merak menuju Jalan Kaswari lalu menuju Jalan Parkit lewat Gedung Kesenian I Ketut Maria ke timur,” beber Kadishub. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER