Wabub Tinjau Ogoh-Ogoh Di Klungkung

  • 02 Maret 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 5130 Pengunjung

Klungkung, suaradewata.com - Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, Rabu (2/3) melakukan peninjauan persiapan ogoh-ogoh di Klungkung.  Peninjauan persiapan dilakukan di banjar Tengah desa Tangkas, Klungkung. Terlihat sejumlah pemuda sedang mempersiapkan ogoh ogoh dengan mengambil tema mahisasura pralaya yang menceritakan dahyatnya perang dengan Mahisura dengan Dewi Durga.

Wabub menekankan malam pengerupukan dijalani dengan khidmat dan tertib. Kasta juga menghibau para pemuda dalam mengarak ogoh-ogoh tidak dibarengi dengan minum minuman keras. “Pengerupukan kita menyomiang buta, jangan sampai menjadi biuta,’’ ujar Made Kasta.

Tidak hanya itu lanjutnya, Pemkab pada hari Jumat (04/3) juga akan menggalar perlombaan ogoh ogoh dimana masing masing kecamatan akan di pilih tiga terbaik yang nanti akan dipentaskan di sepanjang jalan Untung Surapati dari arah Simpang lima berakhir di Catuspata Klungkung.

Untuk kriterianya lomba, profil ogoh-ogoh dibuat berdasarkan tokoh dalam cerita pawayangan, seperti Mahabrata dan Ramayana (tokoh keras/raksasa) atau cerita tentang Kala maupun Babad yang secara litelatur dapat dipertanggungjawabkan.

Ketinggian ogoh-ogoh maksimal 6 meter setelah diusung, lebar 4-5 meter, peserta membuat garapan bercerita dengan durasi 5-8 menit dan sebagainya. Juara pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 8 Juta, juara 2 Rp 6 juta, juara 3 Rp 4 juta dan juara harapan 1 Rp 2 juta.  

Lomba yang digelar perdana ini diharapakan mampu menggali kreatifitas seni kaum muda di Klungkung. Pemkab juga telah menggelontorkan uang motivasi kepada peserta lomba untuk memberikan semangat kreativitas. Jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER