Wabup Hadiri Ngaben Massal Puluhan Sawa

  • 01 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1811 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Sebanyak 21 sawa (dewasa) , 4 sawa nglungah (anak-anak) diaben massal oleh warga Banjar Cekik, Berembeng, Selemadeg  dalam upacara pitra yadnya atiwa-tiwa lan pengerorasan Jumat, (1/8) kemarin. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, di Dampingi Camat Selemadeg I G N Suarya.

Panitia Karya I Ketut Narta mengatakan upacara pitra yadnya yang dilaksanakan masyarakat Banjar Pekraman Cekik merupakan program rutin setiap 5 tahun sekali.  "Kami berharap dengan adanya acara ngaben masal ini  dapat meringankan masyarakat Cekik, Berembeng dari segi biaya," jelasnya.

Narta menuturkan, biaya yang dikeluarkan dalam upacara ini dibebankan pada masing-masing sawa sebanyak Rp.10 juta per sawa dan untuk yang ngelungah dikenakan Rp 1,5juta per sawa. Dalam pelaksanaan acara ini masih mengunakan sistem lama (kuno), dimana setelah dilaksanakan pembakaran sekah dan penganyutan ke sungai, acara berikutnya akan dilaksanakan pada 12 harinya (ngrorasin) dan dilanjutkan dengan meajar-ajar keesokan harinya.

Sementara Wabup Sanjata memberikan apresiasi atas upacara yadnya yang digelar dengan rasa kebersamaan dan gotong royong. Karena sebesar apapun yadnya yang digelar, akan terasa ringan jika semua warganya secara bersama-sama membantu, baik secara moril dan materiil. "Upacara secara masal ini merupakan terobosan yang luar biasa. Mengingat yadnya yang dilakukan umat Hindu di Bali tidak akan pernah habis dan kian hari biaya yang dikeluarkan juga semakin besar," ungkapnya. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER