Warga Bukit Abah Kesulitan Air Bersih

  • 18 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 2958 Pengunjung

Klungkung, suaradewata.com. Warga Bukit Abah Kecamatan Dawan Klungkung, satu bulan belakangan ini mulai kesulitan air bersih. Tiga sumber mata air yang berada di wilayah dusun tersebut mengalami penurunan debit air. Warga mengaku terpaksa turun bukit untuk mengambil air bersih bantuan dari pemkab Klungkung untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Mobil tangki air bersih bantuan pemkab Klungkung hanya mampu “Untuk sementara truk tangki  bantuanBPBD Klungkung belum bisa menjangkau karena medan dan jalan yang terlalu curam,’’ terang I Made Kasta, Wakil Bupati Klungkung saat meninjau warga Bukit Abah, Senin (18/01).

Kasta menambahkan, Pemkab telah mengupayakan untuk mencarikan mobil tangki dengan kapasitas yang lebih kecil agar mampu memenuhi kebutuhan 22 kepala keluarga yang bermukim di wilayah tersebut. “Kita coba penuhi kebutuhan urgent untuk minum dan memasak,’’ tegasnya.

Salah satu warga Bukit Abah,  Wayan Puja, mengatakan kemarau panjang yang terjadi membuat warga kesulitan untuk memenuhi air bersih. Tiga sumber mata air yang berada di desa tersebut debitnya mulai berkurang sehingga warga berupaya membatasi pengambilan air unutk kebutuhan rumah tangga.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Kekeringan panjang juga mengakibatkan pendapatan warga juga mengalami penurunan. Pasalnya kemarau panjang juga mempengaruhi seretnya hasil tuak yang dihasilkan pohon kelapa milik warga. Penurunan tersbut membuat hasil produksi arak yang menjadi sumber penghasilan sebagian besar warga bukit Abah menurun drastis.

Bila sebelumnya satu pohon kelapa mampu menghasilkan sekitar satu liter tuak, namun belakangan hanya mampu menghasilkan setengah liter. Sehingga untuk melakukan penyulingan mereka terpaksa menunggu waktu empat hingga lima hari untuk memenuhi tungku penyulingan.jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER