Pimpinan dan Anggota DPRD Tabanan Berkunjung ke DPRD Klungkung

  • 18 Maret 2024
  • 23:35 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1496 Pengunjung
Pimpinan dan Anggota DPRD Tabanan Berkunjung ke DPRD Klungkung

Tabanan, suaradewata.com - Senin, 18 Maret, unsur pimpinan dan anggota DPRD Tabanan melakukan kunjungan kerja yang bertujuan untuk memahami secara mendalam mekanisme penyusunan rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati untuk Tahun Anggaran 2023. Kunjungan ini menjadi langkah penting dalam memperkuat sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dalam sambutannya, Sekretaris DPRD Klungkung, Ida Ayu Suryan, menjelaskan bahwa LKPJ kepala daerah mencakup evaluasi atas pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan, pelayanan, dan pemberdayaan masyarakat selama satu tahun anggaran. Dokumen ini menjadi landasan untuk mengevaluasi kinerja kepala daerah berdasarkan masukan, output, dan hasil yang telah dicapai.

Penyusunan LKPJ diatur dengan tegas dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Setelah disusun, LKPJ tersebut akan menjadi bahan pembahasan internal oleh DPRD Klungkung untuk merumuskan rekomendasi guna evaluasi dan perbaikan dalam pelaksanaan pemerintahan di tahun berikutnya.

Menurut Ida Ayu Suryan, dalam rapat paripurna, DPRD akan menetapkan keputusan terkait LKPJ sebagai tindak lanjut yang akan disampaikan kepada bupati sebagai rekomendasi untuk perbaikan dalam pembangunan Kabupaten Klungkung di tahun berikutnya. Proses ini menandakan komitmen DPRD dalam menjalankan perannya sebagai lembaga kontrol terhadap kinerja pemerintah daerah.

Selain itu, Ida Ayu Suryan menyambut baik kunjungan rombongan DPRD Tabanan, berharap hal ini dapat mempererat kerja sama antara DPRD Klungkung dan DPRD Tabanan. Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bersama serta kualitas penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembangunan di kedua wilayah tersebut.

Kunjungan kerja ini mencerminkan semangat transparansi dan kerjasama antar-pemerintahan daerah yang perlu dijaga dan ditingkatkan untuk kemajuan bersama. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER