Komisi IV DPRD Tabanan Tekankan Persiapan Awal PPDB 2024-2025 Sejak Dini

  • 26 Maret 2024
  • 22:10 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1948 Pengunjung
Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, I Gusti Komang Wastana. (istimewa)

Tabanan, suaradewata.com - Komisi IV DPRD Tabanan menyoroti pentingnya persiapan lebih awal dalam penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024-2025. Meskipun PPDB tersebut baru akan dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli 2024 mendatang, pihak terkait diminta untuk segera memulai persiapan guna menghindari potensi masalah yang kerap muncul setiap tahun.

Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, I Gusti Komang Wastana, menegaskan perlunya persiapan dini untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penumpukan calon siswa di sekolah-sekolah yang dianggap favorit di setiap kecamatan. Wastana berharap agar proses PPDB berjalan dengan lancar dan merata, sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam penerimaan siswa antar sekolah.

"Meski waktu pelaksanaan PPDB masih tiga bulan lagi, kami di Komisi IV mengingatkan Disdik Tabanan untuk melakukan perencanaan yang matang, terutama dengan adanya sistem PPDB online," ungkap Wastana pada hari Selasa (26/3/2024).

Pihak Komisi IV juga mendesak agar zonasi ditegakkan secara tegas guna mencegah calon siswa yang bertempat tinggal di dekat sekolah tidak mendapatkan tempat hanya karena masalah administrasi. Wastana menekankan pentingnya pemerataan jumlah siswa agar tidak ada sekolah yang kelebihan siswa sementara yang lain kekurangan.

Untuk memastikan persiapan yang optimal, Komisi IV akan segera mengadakan rapat kerja dengan Disdik Tabanan. Mereka berharap agar sistem dan mekanisme PPDB dapat disosialisasikan lebih awal kepada calon siswa di semua tingkatan, baik SD maupun SMP.

"Kami selalu mengimbau masyarakat untuk mendaftar PPDB di sekolah-sekolah terdekat sesuai dengan zona tempat tinggal mereka. Semua pihak diharapkan dapat aktif berpartisipasi dan saling mengawasi pelaksanaan PPDB tahun ini," tambahnya.

Dengan upaya persiapan yang matang dan kolaborasi semua pihak, diharapkan PPDB tahun 2024 dapat berjalan dengan lebih efisien dan adil bagi semua calon siswa. Hal ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tabanan. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER