Kunker Pj. Lihadnyana Dorong Pemdes Bangun Kolaborasi Guna Percepatan Program Prioritas

  • 20 Oktober 2023
  • 12:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1380 Pengunjung
Kunjungan Kerja (Kunker) di Gor Sangga Ulangun, Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak pada Kamis, (19/10/2023).

Buleleng, suaradewata.com- Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana menegaskan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) untuk membangun kolaborasi, komunikasi dan kerjasama dalam rangka mempercepat program prioritas Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten hingga tingkat Desa. Hal tersebut disampaikan saat menyapa masyarakat Desa Sanggalangit dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di Gor Sangga Ulangun, Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak pada Kamis, (19/10/2023).

Menurutnya dari kolaborasi tersebut program Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Desa bisa diselaraskan untuk akselerasi pembangunan di desa, khususnya di desa yang ada di Kecamatan Gerokgak.

"Kedepannya Pemerintah Desa akan diukur kinerjanya untuk diberikan semacam insentif, apabila bisa menurunkan angka stunting, menuntaskan warga miskin ekstrem, mingkatkan indeks Harapan Lama Sekolah (HLS) di desa dan APBD desa yang produktif." jelasnya

"Keempat komponen itulah sebagai dasar Pemerintah Kabupaten memberikan insentif kepada Pemerintah Desa," ucap Lihadnyana menegaskan.

 Selain itu, ujarnya lagi dalam Kunker ini untuk mengevaluasi program di Buleleng selama satu tahun. Dimana, pada tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Buleleng lebih memprioritaskan infrastruktur sehingga aksesibilitas masyarakat menjadi lancar. 

"Infrastrukstur yang saya maksud ialah, perbaikan jalan, irigasi, dan fasilitas umum lainnya guna menunjang pemberdayaan ekonomi sesuai dengan potensinya.

Dalam kesempatan ini juga, Pj Lihadnyana yang didampingi Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, Kepala SKPD terkait lingkup Pemkab Buleleng melakukan peninjauan pembangunan SD N 3 Patas serta menyerahkan bantuan kepada warga disabilitas, warga kemiskinan ekstrem berupa paket sembako, kursi roda, alat bantu jalan, tongkat netra, bantuan rumah swadaya Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE), bantuan kepada warga terdampak bencana, mesin motor tempel dan beras.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER