UMKM Buleleng Diingatkan Berprinsip

  • 09 Oktober 2023
  • 21:05 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1350 Pengunjung
Salah satu pemilik UMKM, Senin, (9/10/2023).

Buleleng, suaradewata.com- Mengikuti dinamika perekonomian pasca pandemi yang ditopang oleh pertumbuhan UMKM, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (DisdagperinkopUKM) Buleleng terus menggagas langkah progresif. "Nandurin Karang Awak," ungkapan lokal yang berarti 'selalu belajar dan tidak berpuas diri', menjadi prinsip yang mereka tekankan kepada pelaku UMKM agar berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Demikian disampaikan Kepala DisdagperinkopUKM Buleleng Dewa Made Sudiarta pada Senin, (9/10/2023).

"Buleleng sendiri telah memiliki tiga sektor unggulan UMKM di Buleleng seperti olahan pangan, tekstil, serta kriya atau kerajinan." jelasnya. 

Guna meningkatkan kualitas produk dan pemasaran, ia menyebut pihaknya bersinergi dengan stakeholder di Buleleng untuk mendirikan inkubator bisnis yang dinamakan Buleleng Entrepreneur Academy (BEA). Dimana BEA ini dirancang sebagai wadah pengembangan wirausaha baru, dikenal juga sebagai startup, yang akan difasilitasi sesuai keahlian mereka, mulai dari pengemasan hingga pemasaran.

"Kami berharap BEA akan melahirkan generasi wirausahawan baru setiap tahun, yang dapat meningkatkan perekonomian Buleleng," ujarnya.

Kadis Sudiarta menambahkan dengan adanya kehadiran Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), diharapkan para pelaku bisnis semakin berinovasi dan adaptif. DisdagperinkopUKM Buleleng meyakini UMKM memainkan peran kunci dalam mendorong kesejahteraan daerah dan nasional.

"Salah satu upaya kami adalah mendukung program pemerintah dalam pengembangan produk unggulan lokal Buleleng," tutupnya.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER