RS Tingkat IV Singaraja Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

  • 08 Januari 2021
  • 18:50 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1557 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Simulasi pemberian vaksinasi Covid-19 digelar Rumah Sakit Tingkat IV Singaraja, pada Jumat (8/1/2021) pagi. Simulasi ini dilakukan, pasca rumah sakit tersebut ditunjuk sebagai pelaksana pelayanan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Koordinator Vaksinasi di Rumah Sakit Tingkat IV Singaraja, dr. Komang Agus Wirawan mengatakan, simulasi ini sebagai langkah persiapan rumah sakit Tingkat IV Singaraja yang ditunjuk sebagai pelaksana pelayanan vaksinasi yang digelar nanti secara serentak di seluruh Indonesia.

"Rumah sakit Tingkat IV Singaraja sudah terverifikasi untuk melayani masyarakat, baik itu anggota TNI-Polri dan keluarga yang akan melakukan vaksinasi," kata dr. Komang.

Tampak dalam kegiatan simulasi ini, protokol kesehatan diterapkan dengam ketat. Masyarakat yang datang harus melakukan cuci tangan, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah serta kondisi kesehatan.

Setelah dinyatakan sehat, maka masyarakat yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 akan diarahkan menuju ke ruangan vaksinasi yang telah ditunggu oleh petugas medis untuk diberikan vaksin Covid-19.

Menurut dr. Komang, tak ada target dalam simulasi ini. Sebab, data sudah ditentukan oleh pusat. "Jadi masyarakat menentukan dimana melakukan vaksin. Rumah sakit Tingkat IV Singaraja sudah siap melakukan pelayanan vaksinasi, selain puskesmas," jelas dr. Komang.

Buleleng mendapatkan jatah vaksin Covid-19 dari Pemprov Bali sebanyak 3590 dosis vaksin. Untuk tahap pertama, vaksinasi khusus untuk tenaga medis. Dan juga telah disiapkan 22 titik pelaksanaan vaksinasi, baik di rumah sakit maupun puskesmas yang ada di Buleleng.

Dengan kegiatan simulasi ini, diharapkan para petugas bisa melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur yang ditentukan. "Kami sudah siapkan dokter spesialis, perawat yang mengikutu pelatihan di Provinsi," tandas dr. Komang. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER