Bulan Bahasa Bali Tahun Akan Terus Dilaksanakan Tiap Tahun

  • 27 Februari 2020
  • 17:40 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1475 Pengunjung
suaradewata

Denpasar,suaradewata.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menghadiri penutupan Nolan Bahasa Bali Tahun 2020 di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Provinsi Bali, semalam.

Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali, dikatakan Cok Ace  implementasi dari Pergub Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. 

"Pergub ini merupakan payung hukum dan bukti keseriusan Pemprov Bali dalam upaya pelestarian bahasa, sastra dan aksara Bali," tegas Cok Ace.

Dirinya juga berharap agar bulan Bahasa Bali tahun mendatang pelaksanaannya bisa makin bagus. Terlebih dengan antusias dari masyarkat mengikuti kegiatan ini. 

Sementara itu, Kadisbud Provinsi Bali Dr. I Wayan Adnyana S.Sn menyampaikan Bulan Bahasa Bali  tak hanya dilaksanakan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, namun hingga tingkat desa/kelurahan.

Dukungan terhadap pelaksanaan Bulan Bahasa Bali menjadi bukti bahwa masyarakat Bali ingat pada bahasa dan Sastra Bali. 

"Bahkan semua kegiatan mulai dari pertunjukan dan lomba diikuti antusias oleh seluruh peserta," singkatnya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace menganugerahkan Bali Kerthi Nugraha Mahotama kepada Ida Bagus Sunu Pidada, seorang sastrawan dari Griya Pidada Klungkung yang mengabdikan hidup pada upaya pelestarian Sastra Bali. 

Penutupan Bulan Bahasa Bali 2020 ditandai dengan pemukulan gong dan diakhiri dengan pementasan sendratari Begawan Domya.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER