Puncak Piodalan Tanah Lot, Polsek Kediri Tambah Belasan Personil

  • 20 April 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2452 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com– Kawasa wisata Tanah Lot, Kediri, Tabanan belakangan ini selalu penuh sesak oleh wisatawan dan umat yang kebetulan melaksanakan persembahyangan seiring dengan piodalan di Pura Luhur Tanah Lot. Bahkan untuk puncak piodalan Rabu, (19/04/2017) jajaran polsek Kediri menambah personil belasan orang untuk melakukan penebelan pengamanan.

Kapolsek Kediri, Kompol I Nyoman Sumarajaya Kamis, (20/04/2017) menegaskan pihaknya sudah memprediksi bahwa pemedek akan terus membludak hingga akhir piodalan Sabtu, (22/04/2017) mendatang. Terlebih pada puncak piodalan, karena biasanya kata dia pemedek yang hendak tangkil berharap agar bisa tangkil sampai ke prahyangan (pelinggih utama), sehingga hampir semua mencari waktu surutnya air laut yang diperkirakan pagi hari sekitar pkl 07.00 s/d 10.00 wita dan malam hari sekitar pkl 21.00 s/d 02.00 wita.

Pembludakan pemedek dan juga kunjungan wisatawan ke kawasan Tanah Lot diprediksi berpotensi menimbulkan kerawanan-kerwanan. Untuk itu pihaknya mengimbangi dengan melakukan penambahan personil dengan pihak terkait. “Dalam hal ini kami selalu berkoordinasi dengan bersinergis dengan para pecalang, Satpam, Pemandu Pantai serta anggota Dinas perhubungan setempat,” ucapnya.

Adapun jumlah personil yang ditambah untuk penebalan mencapai 15 personil. Mereka ditempatkan ditempat-tempat strategis untuk mengcover petugas yang sebelumnya memang di plot bertugas diwilayah tersebut. “Kita tambahkan personil Simpang Batan Buah, Simpang Pekendungan, Areal parkir Pura Pekendungan hingga di jaba Pura Luhur  Tanah Lot tujuannya untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada pemedek yang hendak sembahyang ke pura Luhur Tanah Lot, begitu juga kepada wisatawan yang ingin menikmati keindahan kawasan Tanah Lot,” bebernya.  Khusus personil di areal parkir kata dia memiliki tugas disamping memelihara ketertiban dan kelancaran lalu lintas juga guna mengantisipasi kemunginan adanya potensi Curat Curas dan Curanmor. “Bukan tidak mungkin ada yang memanfaatkan situasi ramai ini untuk berbuat kejahatan, untuk itu kami antisipasi dengan menambah personil sehingga mengurangi ruang gerak mereka yang ingin berbuat kejahatan,” ucap Kapolsek Sumarajaya.gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER