Wabup Sanjaya Hadiri Penyineban di Pura Luhur Batukaru

  • 09 April 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4149 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Setidaknya ribuan umat Hindu dari beberapa penjuru wilayah di Bali menghadiri upacara penyineban di Pura Luhur Batukaru, Penebel, Tabanan, pada Minggu (9/4). Prosesi tersebut menjadi salah satu rangkaian penting dalam piodalan di Pura Luhur Batukaru setiap enam bulan sekali dan di dalam kesempatan ini telah dimulai sejak Kamis (6/4) lalu.

Pelaksanaan prosesi tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Terlihat juga dua orang anggota DPRD Kabupaten Tabanan seperti I Gusti Komang Wasta dan I Gede Putu Desta Kumara. Serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tabanan.

Sebelum prosesi penyineban dilaksanakan, para pemedek atau umat yang hendak melakukan ritual Nunas Baos atau memohon petunjuk kepada Ida Betara yang berstana di Pura Luhur Batukaru. Tentunya, dengan harapan agar kehidupan di Bali, khususnya di Kabupaten Tabanan, menjadi lebih baik dan sejahtera.

Selama berlangsungnya ritual ini, mulai dari prosesi nedunang Ida Betara sampai dengan Nunas Baos berlangsung, puluhan pemedek mengalami kesurupan atau dalam kondisi trance. Kondisi itu membuat jalannya prosesi semakin khidmat. Dan, ini berlangsung bahkan sampai prosesi nunas baos. Para pemedek silih berganti mengalami kondisi seperti itu.

Sesuai petunjuk Ida Betara yang berstana di Pura Luhur Batukaru serta Pura Pucak Kedaton yang berlokasi di puncak Gunung Batukaru, untuk menjaga keselamatan dan masyarakat Bali, khususnya Tabanan, agar lebih aman dan sejahtera harus dilakukan upacara mulang pekelem di empat penjuru mata angin atau nyatur bhuana.gin/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER