Tergerus Longsor, Badan Jalan Tembuku-Penida Ambles

  • 05 Januari 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4339 Pengunjung
suaradewata.com

Ket foto : Kendaraan yang melintas harus berhati-hati karena sebelah badan jalan jebol

Bangli, suaradewata.com - Dampak tingginya curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, kembali menyebabkan bencana longsor. Parahnya, kali ini bencana tersebut menyebabkan akses jalan utama diperbatasan Tembuku-Penida Kelod ambrol.

Pantauan di lokasi, Kamis (05/01/2017), jebolnya hampir sebagian badan jalan tersebut, terjadi setelah dinding penyangga tanah (DPT) yang ada dibagian barat tergerus.  Tampak lubang menganga selebar hampir dua meter dengan kendalaman hampir 10 meter dari permukaan aspal. Kondisinya semakin rawan, karena dibagian bawah jalan juga muncul kubangan besar sepanjang 15 meter yang menyebabkan jalan tersebut terancam ambles kembali.

Untuk menghindari lakalantas, lokasi jebolnya jalan tersebut kini telah dipasangi kampil untuk pembatas. Akibatnya, hanya sebagian badan jalan yang masih bisa dipergunakan sehingga sangat menggaggu kelancaran arus lalin.

Ditemui dilokasi, salah seoarang warga tembuku I Nengah Suardiana menuturkan, tanda-tanda jebolnya badan jalan tersebut sejatinya telah tampak sejak sepekan lalu. Kata dia, awalnya sebagian DPT tersebut yang tergerus dan membuat sebagian jalan diatasnya ambles secara perlahan. “Kemungkinan longsor terparah terjadi semalam (rabu malam-red) danmenyeret sebagian badan jalan ini hingga jebol,” terangnya.

Atas kondisi tersebut, warga pun mengaku khawatir dan was-was. “Kondisi tanah sekitar sangat labil. Sebagian kondisi aspal yang tersisa juga sudah retak-retak. Kalau ini tidak segera diperbaiki, kemungkinan akan menyebabkan longsor susulan dan justru akan mengancam akses jalan ini menjadi terputus total,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya kembali mendesak instansi terkait untuk segera melakukan upaya perbaikan. Terlebih,  akses jalan ini merupakan jalur utama menuju ke obyek wisata Waterfall Tukad Cepung yang belakangan sangat digandrungi wisatawan karena keindahan dan pesona alamnya yang asri dan terkenal dengan julukan air terjun dari langit yang berlokasi di banjar Penida Kelod. ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER