Tiga Patung Heroik Bakal Hiasi Klungkung

  • 03 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 4156 Pengunjung

Klungkung, suaradewata.com - Setidaknya tiga patung yang menggambarkan kegigihan melawan penjajah bakal menghiasi sejumlah lokasi di Klungkung. Ketiga titik pembangunan diantaranya lapangan Puputan Klungkung yang rencananya akan didirikan patung Ida I Dewa Agung Jambe, bundaran simpang empat by pas Ida Bagus Mantra wilayah Tiyingadi, Kecamatan Dawan yang akan dibangun patung Ida I Dewa Agung Istri Kanya dan di dekat pasar Desa Kusamba sebagai lokasi terbunuhnya Jenderal Michles akan dibuatkan monument perang kusamba.

Menurut Bupati Suwirta, pembuatan patung dan monument ini sebagai tindak lanjut ide-ide dan masukan berbagai pihak akan pentingnya tonggak sejarah. “Klungkung tidak terlepas dari perjuangan raja-raja termasuk para pejuang dari puri,” ujar Suwirta. Tonggak sejarah ini dinilai penting sebagai pesan kepada generasi penerus, sehingga mereka memahami peran para pejuang dalam mempertahankan Klungkung dari penjajahan. “Dengan simbol-simbol perjuangan ini generasi muda memahami peran pejuang dalam perang puputan maupun perang kusamba,” jelasnya.

Atas rencana tersebut, Suwirta menyatakan akan berkoordinasi dengan pihak puri dan semua tokoh menyangkut bagaimana rupa dan postur tubuh tokoh tersebut sehingga tidak jauh dari realita atau kenyataan. “Ini komitmen kita untuk menyadari peran beliau sangat penting dalam keberadaan Kabupaten Klungkung terutama pada jaman penjajahan,”Klungkung Akan Bangun Patung Pejuang, Tonggak Sejarah Perang Puputan Klungkung dan Perang Kusamba

Mengenai pendanaan akan dialokasikan pada anggaran induk Tahun 2016, Pemkab Klungkung telah memasang anggaran perencanaan pendirian patung dan monument untuk mengenang pejuang dalam mempertahankan Klungkung dari penjajah.

Didampingi Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Klungkung, Ida Bagus Anom Adnyana dan pihak konsultan, Bupati Suwirta meninjau tiga lokasi rencana pendirian patung dan monument  selasa (3/2) pagi.jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER