Baru 13 Hari, Kasus Gigitan Anjing Tembus 67 kasus

  • 13 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3003 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Angka kasus gigitan anjing di Tabanan terbilang cukup tinggi. Hingga tanggal 13 Januari tercatat sudah ada 67 warga yang digigit anjing. Itu belum termasuk yang tidak berobat ke rumah sakit.

Menurut Kepala Instalasi IRD BRSUD Tabanan dr. Ni Wayan Yasmi, Rabu kemarin (13/1) membenarkan kalau pihaknya telah mencatat ada 67 kasus gigitan anjing hingga 13 Januari. Dari jumlah itu 15 diantaranya sudah mendapatkan VAR seangkan sisanya yakni 52 kasus masih dalam tahap observasi. “Dari jumlah itu 15 sudah mendapatkan VAR sedangkan sisanya masih dalam tahap observasi,”ucapnya.

Untuk penangan kasus gigitan anjing pihaknya mengaku membedakan menjadi dua. Jika digigit oleh anjing piaraan maka akan diobervasi. Jika dalam observasi anjing peliharaan itu mati maka akan diambil sampel otaknya untuk dicek di Laboratorium. “Kalau positif Rabies, barulah pasien akan diberi VAR,” ucapnya. Sedangkan kalau yang menggigit adalah anjing liar, maka pihaknya akan beroordinasi dengan Dinas Peternakan untuk menangkap anjing tersebut. “Disnak akan mengambil sampel otak anjing itu untuk di cek di Laboratorium agar pasien dalam tertangani sesuai prosedur,” jelasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER