Disiplin Pegawai Pemda Tabanan Kendor Lagi

  • 12 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3172 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Diawal masa tugasnya sebagai Penjabat Bupati Tabanan, I Wayan Sugiada getol melakukan sidak ke SKPD. Sejak saat itu pula disiplin pegawai meningkat. Namun setelah lama tidak sidak, ternyata disiplin pegawai kendor lagi. Terbukti dalam sidak yang dilakukan ke beberapa SKPD, Selasa, (12/1) Penjabat Wayan Sugiada kecewa. Pasalnya saat jam masuk kerja yakni pukul 07.30, sebagian besar pegawai di beberapa satuan kerja justru belum nongol di kantornya. “Di awal tahun banyak hal yang perlu dievaluasi. Salah satunya soal kedisiplinan. Pada intinya, soal kedisiplinan ini bermuara ke komitmen kita,” ucap Sugiada dengan mimik kecewa.

Mengetahui banyak pegawai yang belum ngantr saat jam kerja, Sugiada kemudian langsung mengumpulkan sekretaris dinas untuk membahas persoalan ini. Termasuk sejumlah kepala bagian di lingkungan Pemkab Tabanan. Dalam rapat yang dibuka Sekda Wirna Ariwangsa itu, Penjabat Bupati Sugiada menegaskan kembali soal kedisiplinan pegawai. Baik yang berstatus PNS maupun Pegawai Pemerintah Tidak Tetap (PPTT).  “Karena sekdis itu merupakan porosnya SKDP menyangkut bidang dan rumah tangga,” tegasnya.

 Selain itu dia mengingatkan soal loyalitas sebagai abdi negara dan masyarakat serta alur kerja yang mengacu pada hirarki dalam birokrasi. “Saya minta pertemuan ini ditindaklanjuti dan disampaikan ke lingkungan kerjanya. Saya akan cermati terus hal ini. Memang perubahan itu ada pro kontranya. Mereka yang terbiasa malas pasti tidak akan suka. Tapi lambat laun pasti mereka akan ikut. Karena disiplin itu memang memaksa,” tegasnya.

 Selain mengingatkan kembali soal kedisiplinan, Penjabat Bupati Sugiada juga menekankan soal kebersihan lingkungan kerja. Untuk yang satu ini, diakuinya sudah ada beberapa satuan kerja yang sudah konsisten menjaga kebersihan. Serta, melengkapi pelayanannya dengan petunjuk alur operasional pelayanan sebagai bentuk keterbukaan informasi publik. “Meski beberapa SKPD ada juga yang mulai kendor lagi,” ujarnya.

 Tidak hanya itu, apresiasi dan penghargaan diberikan kepada Dinas Kesehatan (Diskes) dalam hal pemanfaatan aset. Terlebih di akhir Januari 2016 ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melakukan audit anggaran 2015. “Di Diskes, ada mobil keluaran tahun 90-an yang sampai sekarang masih tokcer. Itu karena dirawat dengan baik. Kalau seperti ini tentu akan membantu efisiensi anggaran,” pungkasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER