Kapolres Pantau Pelipatan Surat Suara

  • 18 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2796 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com – Ditengah ademnya konstilasi politik jelang Pilkada Bangli, tahapan  Pilkada Bangli terus berjalan. Bahkan saat ini, sudah memasuki proses pelipatan Surat Suara. Untuk memastikan proses pilkada berjalan lancar, Kapolres Bangli AKBP Danang Benny K meninjau langsung proses pelipatan surat suara yang sedang dilipat di Kantor  KPU Bangli, Selasa (17/11/2015). “Pengawasan dari awal pemilu hingga saat ini terus kita lakukan untuk menjaga agar Bangli kondusif," ungkap Kapolres AKBP Danang Beny K.

Disinggung mengenai potensi kerawanan, polres Bangli sudah melakukan antisipasi sejak awal. "Antisipasi sudah kita lakukan agar kerawanan tidak terjadi. Karena itu, saat pembagian surat suara pengamanan akan ditingkatkan," ungkapnya.

Sementara Ketua KPU Bangli, Dewa Agung Gede Lidartawan menjelaskan pelipatan surat suara sejatinya sudah dimulai pada dua hari lalu (Minggu 15/11) dengan melibatkan seluruh keluarga staf dan karyawan KPU. Para buruh lipat ini, diberikan upah sebesar Rp 80 per surat suara. Dalam dua hari terakhir, diakui, kurang dari 1 persen surat suara mengalami kerusakan. Penyebabnya, lanjut Lidartawan, karena cetakannya hanya separuh sehingga hasilnya agak buram. “Ada juga kerusakan akibat terdapat noda dalam surat suara di tempat yang seharusnya bersih,” ungkapnya.

Meski demikian, secara umum diakui hasil cetakan surat suara tersebut terbilang baikdan sudah sesuai dengan yang diatur dalam perundang undangan. Rencananya, sejumlah surat suara yang rusak tersebut akan dikembalikan perusahaan percetakan untuk dimusnahkan. Sekadar diketahui, kebutuhan surat suara di KPU Bangli sebanyak 189.402, sudah termasuk  tambahan 2,5 persen masing-masing TPS. Selain itu KPU juga mempersiapkan 2000 surat suara untuk digunakan jika terjadi pemungutan suara ulang.ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER