Pohon Tumbang Rusak Bangunan SDN 5 Batur

  • 15 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3120 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com – Tak ada hujan dan angin, sebuah pohon berukuran besar di desa Batur, Kintamani, Bangli tumbang, Sabtu (14/11/2015). Fatalnya, tumbangnya pohon yang dikenal dengan sebutan pohon ae tersebut tepat menimpa bangunan SDN 5 Batur. Dampaknya, dua ruangan kelas gedung sekolah tersebut terancam tidak bisa digunakan untuk proses belajar mengajar. Pasalnya, akibat tumbangnya pohon besar tersebut menyebabkan bagian atap dan plafon luar ruangan menjadi jebol. Selain itu, tumbangnya pohon tersebut juga menyebabkan pagar sekolah roboh sekitar 3 meter.

Kepala Sekolah SDN 5 Batur, I Wayan Karwasa mengatakan waktu tumbangnya pohon ini tidak ada yang mengetahui secara persis. Namun diperkirakan terjadi Sabtu dini hari. “Saat pohon tumbang, tidak ada hujan dan angin,” jelasnya. Diperkirakan penyebab tumbangnya pohon yang berada di Pura Mas itu, karena usianya yang sudah tua. “Kemungkinan karena usia pohon yang sudah tua, menyebabkan pangkal pohon lapuk dan rawan tumbang,” jelasnya.

Atas kejadian ini, kata Karwasa dua ruangan belajar, yakni kelas V dan VI atapnya bocor dan plafonnya pecah. Bahkan ada pula kayu penyangga atap yang patah. Hal ini mengakibatkan pihaknya khawatir tidak bisa menggunakan ruang belajar itu saat turun hujan. “Rasanya kalau hujan turun, ruangan itu tidak bisa dipakai lagi. Air pasti masuk,” ucapnya.

Atas bencana tersebut, pihaknya mengaku sudah melaporkan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli serta ke pihak desa. Sementara terkait dengan pemotongan pohon tersebut, belum berani dilakukan lantaran lokasinya berada di pura. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugina material ditaksir mencapai belasan juta rupiah.ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER