Bendesa Adat Se-Tabanan Dibintek

  • 05 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1994 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Guna membentengi kelestarian nilai-nilai tradisional dari pengaruh global para Bendesa Adat se Kabupaten Tabanan di berikan Bimbingan Teknis (Bimtek). Bintek itu dibuka Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada, Kamis (5/11), di Gedung Kesenian I Ketut Maria.

Kepala Disbudpar Tabanan I Wayan Adnyana mengatakan masuknya nilai-nilai global saat ini tentunya membawa dampak positif serta negatif di tengah masyarakat adat. Dan guna meningkatkan kemampuan mengatur desa pekraman di jaman modern inilah bimtek itu digelar. “Dengan bimtek ini kita harapkan memberikan pemahaman pengelolaan teknis dan manajemen desa pekraman dan memberikan pemahaman tentang mekanisme dan teknis penyelesaian masalah adat,” terang Adnyana ucapnya sambil mengatakan bintek berlangsung dua hari yakni 5 dan 6 Nopember.

Penjabat Bupati saat membuka bimtek berharap dengan bimtek itu para bendesa adat mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan bendesa adat dalam menjalankan tugas-tugas di desa pekraman. “Dengan adanya era global saat ini terjadi pergeseran nilai-nilai tradisional sehingga muncul berbagai masalah yang berbenturan di masyarakat yang berlandaskan Tri Hita Karana yaitu Parhyangan, Pawongan dan Palemahan,” tuturnya. Setelah melaksanakan Bimtek, para Bendesa Adat akan melaksanakan praktek kerja lapangan ke Provinsi Jawa Timur. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER