PKK Desa Dilatih Pelatihan Tata Rias

  • 05 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3458 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Untuk memberi semangat pada para peserta pelatihan tata rias , Ketua PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra melihat langsung pelatihan yang diadakan di LPK Putra Intan Gianyar, Salon Santika Dewi di Desa Bona Blahbatuh dan Salon Dedes di Desa Celuk Sukawati (4/11).

Ny. Adnyani Mahayastra didampingi oleh Ketua Gatriwara Gianyar Ny. Warsani Tagel Winarta melihat langsung kegiatan pelatihan yang diikuti 86 peserta salon desa. Mereka diberikan materi pelatihan seputar tata rias kecantikan rambut, pasang sanggul  dan kulit. Karena materi ini merupakan materi dasar yang wajib dikuasai oleh para penggiat salon. Menurut Ny. Mahayastra, setelah mereka menguasai materi ini kemungkinan nanti, akan diajarkan lagi materi yang  yang lain seperti tata rias pengantin.“Kami ingin memberikan yang maksimal bagi para pengelola salon desa, karena pelatihan tata rias terbukti memberikan manfaat bagi kesejahteraan keluarga,” tegas Ny. Mahayastra.

Pada kesempatan itu tak lupa pula Ny. Mahayastra  meminta agar ibu- ibu peserta benar – benar mengikuti materi pelatihan ini. karena terbukti bermanfat bagi diri sendiri dan jika dikembangkan sebagai penghasilan tambahan melalui wadah salon desa.  Ditambahkan pula, sanggul tidak bisa dilepaskan dari rangkaian pelengkap busana adat Bali. Jadi keterampilan ini tidak akan pernah mubasir, karena untuk upacara adat di Bali hampir setiap hari ada.

Ny. Mahayastra juga menegaskan sebagai bukti bahwa para peserta pelatihan ini akan selalu didampingi dan disuport adalah beberapa pengelola salon desa yang telah pernah mengikuti pelatihan beberapa waktu lalu telah difasilitasi mengikuti uji kompetensi terkait tata rias.  Dengan mengikuti uji kompetensi, peserta akan memiliki sertifikat, dan itu dapat dijadikan pegangan bahwa mereka sudah meiliki lisensi dalam membuka jasa tata rias.

Salah satu peserta Ni Komang Darmini dari Kecamatan Payangan mengaku sangat berterima kasih dengan adanya pelatihan ini. Ia yang biasanya sebagai ibu rumah tangga biasa dan kesehariannya hanya diisi dengan kegiatan rumah tangga. kini dengan mengikuti pelatihan, ia jadi memiliki keterampilan yang kelak mungkin ia dapat kembangkan untuk membantu  menambah penghasilan keluarga.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER