Giriasa Nilai Keberadaan Subak Sangat Penting

  • 01 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 3881 Pengunjung

Badung,suaradewata.com -Keberadaan subak di Bali khususnya di Kabupaten Badung, dinilai oleh Pasangan Giriasa merupakan komponen yang sangat penting di masyarakat.

"Kita melihat posisi dan kedudukan subak termasuk komponen-komponen organisasinya dan kramanya, adalah komponen masyarakat Badung yang memiliki kedudukan sangat penting," jelas Calon Wakil Bupati Badung No. Urut Satu Ketut Suiasa seusai menggelar simakrama di Puri Ageng Mengwi bersama Pekaseh se-Badung.

Untuk subak, Pasangan Giriasa memiliki beberapa agenda ataupun program yang strategis. Pertama, pembuatan Peraturan Daerah (Perda) untuk pelestarian subak sehingga lahan pertanian (subak) tidak boleh berubah dan beralih fungsi. Kedua, penetapan lahan pangan dan pertanian yang berkelanjutan.

"Ini dalam rangka untuk Badung bisa mencapai daerah yang memiliki ketahanan pangan kedepan," kata mantan Wakil Ketua DPRD Badung ini.

Selain itu, Pasangan Giriasa sudah menyiapkan beberapa upaya untuk memberdayakan krama subak (petani) diantaranya bagaimana caranya agar petani tidak merasa dirugikan, mereposisi petani yang selama ini dimarginalkan agar petani bisa menjadi bangga, dan petani harus mendapatkan perlindungan.

Program kongkrit dari Pasangan Giriasa yakni memberikan subsidi gagal panen, membuat asuransi pertanian, memberikan bantuan untuk segala sarana prasarana produksi yang dibutuhkan oleh petani, penekanan dan subsidi biaya pajak bumi bagi para petani.

"Itulah, upaya-upaya kami Pasangan Giriasa dalam memberdayakan petani dan pertanian," pungkasnya.ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER