Hasil Survei Charta Politica, Head to Head pun Sudirta-Sumiati Unggul

  • 21 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3066 Pengunjung

Karangasem, suaradewata.com - Di Karangasem, memang sudah pasti ada 3 pasang kandidat yang bertarung dalam Pilbup 2015 ini. Dan menurut survey Charta Politica, sebuah lembaga survei yang kredibilitasnya sudah teruji, pasangan Sudirta-Sumiati alias SMS menggungguli dua pesaingnya. Perolehannya, SMS 38%, disusul MASDIPA (23%) dan pasangan SUKSES (13,3%). Selebihnya tidak menjawab atau mengaku tidak tahu, alias masih mengambang.

Bagaimana kalau SMS dihadapkan secara ‘’head to head’’ dengan dua kompetitor lainnya? Menurut survei Charta Politica, SMS tetap unggul. Bila dihadapkan dengan pasangan Masdipa, SMS memperoleh 39,8% dan Masdipa  24,8%, selebihnya adalah ‘pemilih mengambang’’. Sementara bila dihadapkan dengan SUKSES, SMS memperoleh 42,8% dan SUKSES 16,0% dan sisanya adalah  pemilih ‘’mengambang’’.

Angka itu menunjukkan, SMS mengungguli MASDIPA dengan selisih 15%, sementara dibanding pasangan SUKSES, SMS membukukan selisih sebesar 22,8%. Bila menurut Direktur Charta Politica, Yunarto Wijaya, dengan selisih sebesar itu, menurut pengalaman sangat sulit bagi kompetitor untuk ‘’menyalip’’ kandidat yang unggul, namun Sudirta-Sumiati tetap bekerja keras di masa kampanye yang tinggal kurang dari 2 bulan ini.

Kamis 22/10, SMS dan Timnya, melakukan pengobatan gratis di Lingkungan Pangi Kelurahan Karangasem, Lingkungan Karanglangko Kelurahan Kota, dan Desa Adat Dukuh pada sore harinya. Sudirta tak lupa mensosialisasikan hasil survei ke-4, yang telah mengunggulkan pasangan SMS di urutan teratas.

‘’Warga semaki antusias mendengarkan program SMS, karena mereka sudah melihat apa yang nyata-nyata dilakukan di masa kampanye. Seperti pengobatan gratis yang terus berlangsung dan diharapkan berlanjut bila nanti SMS terpilih,’’ kata Wayan Suara Arsana, Kepala Humas Tim SMS yang selalu mendampingi SMS masimakrama ke masyarakat.

Di kerumunan ratusan warga yang antre menunggu pemeriksaan dokter spesialis dari Tim Kesehatan SMS, Sudirta dan Tim-nya memaparkan 31 program unggulan, diantaranya bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan bidang-bidang lainnya. Sudirta memastikan, bila terpilih, ia menganggarkan Rp 100 miliar APBD untuk kegiatan pro rakyat di tiga bidang tadi. Diantaranya, menggratiskan SPP sampai ke SLTA/SMK, membangun 621 Koperasi Dusun, 78 Koperasi Perempuan, Bantuan untuk 621 Sekeha Teruna Teruni, peningkatan insentif 3000 Kader Posyandu dari Rp 20 ribu menjadi Rp 150 ribu per bulan, serta insentif KKDS (Kader Kesehatan Desa Siaga) dari Rp 100 ribu menjadi Rp 200 ribu per bulan. amo/ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER