Dengan Dana Pusat 40 Milyar, RS Tipe D Segera Dibangun di Soko

  • 31 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2312 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Recana pembangunan Rumah Sakit Pratama Tipe D di Banjar Bonian, Desa Soko Selemadeg Barat tinggal menunggu realisasi. Rumah sakit yang akan dibangun diatas tanah milik Pemprov Bali itu kabarnya telah  didukung pusat melalui dana tugas perbantuan 2016 sekitar Rp 40 milyar. Guna mendorong realisasi pembangunan rumah sakit itu, Pj Bupati Tabanan I Wayan Sugiada mengecek lokasi tanah di jalur Denpasar – Gilimanuk tersebut, Senin, (31/8).

Saat meninjau lokasi tanah, Sugiada menilai lokasi yang direncanakan tersebut cukup representatif. Salah satunya karena tempatnya tidak jauh dari jalur utama Denpasar-Gilimanuk dan terletak di perbatasan Kabupaten Tabanan dan Jembrana. “Tempatnya cocok,” ungkap Sugiada singkat. Karena itu, dia pun berharap Dinas Kesehatan yang menjadi leading sector mempercepat pembangunan rumah sakit tersebut. Sehingga keberadaannya bisa menjadi alternatif bagi masyarakat pengguna layanan kesehatan yang perlu mendapatkan ruang rawat inap.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr I Nyoman Suratmika menjelaskan bahwa pembangunan rumah sakit nonkelas ini sudah berlangsung. Di lokasi tersebut ada dua lahan tidur yang tersedia. Satu di sebelah selatan dengan luas lahan sekitar empat hektar dan satunya lagi di sebelah utara dengan luas lahan satu hektar.  Dari dua lahan itu, Pemkab Tabanan sendiri memilih lahan di sebelah selatan. Dan, saat ini sedang dilakukan pengajuan permohonan pemanfaatannya ke Pemprov Bali. Mengingat lahan tersebut milik Pemprov Bali. “Sedangkan untuk dana pembangunannya didukung pemerintah pusat melalui dana tugas perbantuan 2016 sekitar Rp 40 milyar,” ungkap dr Suratmika. Dia juga mengungkapkan anggaran untuk pembuatan DED (detail engineering design) telah diajukan dalam APBD Perubahan 2015 sebesar Rp 800 juta. “Untuk DED sudah siap karena anggarannya sudah diajukan dalam APBD Perubahan,” tandasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER