Samakan Persepsi Data Statistik, Pemkab Gelar Seminar

  • 31 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2028 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com- Untuk menyamakan persepsi terkait penyajian data statistik yang terpilah berdasarkan jenis kelamin diberbagai aspek pembangunan, Pemkab. Ganyar Melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP dan KB) mengadakan seminar Statistik Gender di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar , Senin (31/8).

Seperti diketahui saat ini pemerintah dituntut untuk mampu mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender pada tahun 2015 sesuai dengan kesepakatan Goals yang ke -3 dari kesepakatan Millenium Developmen Goals (MDGs) yaitu mampu meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Namun, seperti ditegaskan oleh Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Setda Kab. Gianyar, Ketut Suweta saat mewakili Bupati Gianyar dalam membuka acara seminar mengatakan,  ada hal yang sangat penting yang harus tersedia untuk dapat menerapkan PUG adalah tersedianya data terpilah menurut jenis kelamin yang dapat dipublikasikan dalam buku statistic gender atau yang sering disebut Profil Statistik Gender. “ Dengan adanya publikasi ini akan diketahui secara pasti kesenjangan yang terjadi, yang nantinya dapat memberikan petunjuk secara jelas pada penentu kebijakan dan penyusun program,” ujar Ketut Suweta.

Dengan adanya persepsi yang sama dalam penyajian data-data yang telah tersusun  dalam buku profil statistik gender ini, diharapkan dapat meminimalisir kesenjangan gender yang terjadi dimasyarakat. Dimana salah satu strategi yang pentinguntuk diterapkan secara konsisten untuk mempercepat terwujudnya kesetaraaan dan keadilan gender adalah mengimplementasikan strategi PUG secara serius dalam setiap program pembangunan.

Sementara itu menurut Sekdis BPP dan KB Kab. Gianyar A.A Putra Astina mengatakan tujuan dari seminar ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait penyajian data statistic yang terpilah berdasarkan jenis kelamin diberbagai aspek pembangunan, seperti aspel pendidikan, kesehatan , ekonomi, politik dan masalah sosial. Seminar yang berlangsung sehari ini diikuti oleh peserta yang berasal dari unsur eksekutif, yudikatif dan SKPD se-Kabupaten Gianyar,dengan menghadirkan nara sumber Dr. Dra Ni Luh Nyoman Kebayantinim M.Si, Dr.Dra, Ni Luh Arjani, M.Hum dan Dr,Dra Ni Made Wiasti,M.Hum . gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER