Dekatkan Petani Dengan Konsumen, Pemkab Bangli Gelar Pasar Tani

  • 20 Februari 2024
  • 17:40 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1524 Pengunjung
Suasana keramaian pasar tani yang digelar Pemkab Bangli, Selasa (20/02/2024). SD/ard/Ist

Bangli, suaradewata.com - Untuk mendekatkan petani dengan konsumen, sekaligus untuk menekan inflasi jelang hari raya Galungan dan Kuningan, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli bekerjasama dengan Bank BPD Bali Cabang Bangli mengadakan Pasar Tani, Selasa (20/02/2024). Kegiatan yang dipusatkan di Parkir Barat Alun - Alun Bangli, turut ditinjau Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar..Hafir juga saat itu, Ketua TP PKK Kab. Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta beserta rombongannya hadir untuk berbelanja kebutuhan pokok. Selain itu, Pasar Tani kali ini juga diramaikan oleh para pimpinan OPD serta para ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli serta masyarakat yang tinggal diseputaran kota Bangli. 

Sesuai pantauan, tampak para pembeli sangat antusias dengan diadakannya kegiatan Pasar Tani tersebut. Pasalnya, berbagai kebutuhan pokok dijajakan di pasar tani ini. Mulai dari beras, minyak, hingga bumbu dapur. Ada pula pedagang yang menjual buah-buahan hingga sarana persembahyangan. Seperti dupa maupun bunga gumitir untuk persiapan hari raya Galungan pada akhir Februari ini. Terlebih dari sisi harga, terbilang relatif terjangkau. 

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar disela-sela  meninjau kegiatan Pasar Tani  menyampaikan harapannya, agar  kegiatan ini bisa mendekatkan para petani dengan masyarakat sehingga mereka bisa menawarkan harga yang lebih terjangkau dan masyarakat mendapat harga yang sama ditingkat petani. "Kami Pemerintah Kabupaten Bangli berusaha menjembatani untuk diadakannya giat pasar tani ini, supaya konsumen lebih dekat lagi ke petani dan masyarakat sendiri mendapatkan harga yang relatif murah menjelang hari raya Galungan dan Kuningan ini," ungkapnya. 

Ia menambahkan, pasar tani ini tidak ada kaitannya dengan harga komoditas yang mengalami kenaikan jelang hari raya. Justru komoditas yang dijajakan tetap dihargai dengan harga normal di pasaran. "Ini tujuannya lebih untuk membantu petani agar lebih dekat dengan konsumennya. Sehingga diharapkan produksinya terserap dengan maksimal," tandasnya.

Sementara Kepala Dinas PKP  Bangli Ir. I Wayan Sarma mengatakan tujuan kegiatan Pasar Tani,  untuk meningkatkan  keterjangkauan harga dimasyarakat. "Maksudnya, supaya masyarakat mendapatkan harga kebutuhan pokok dengan harga lebih murah. Mengingat hari raya galungan sudah dekat, tentunya harga-harga akan merangkak naik," ucapnya. 

Maka dari itu, kata dia, dalam Pasar Tani dihadirkan langsung para petaninya supaya masyarakat bisa mendapatkan harga ditingkat petani. Kegiatan pasar tani kali ini, adalah kegiatan yang pertama dilaksanakan di tahun 2024, yang rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan 24 kali dalam setahun. "Tentunya kami berharap kegiatan ini bisa menekan inflasi di Kabupaten Bangli," pungkasnya. ard/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER