Diduga Berupaya Lakukan Penipuan, Muncul Akun Palsu Catut Nama Anggota DPR RI Nyoman Parta

  • 05 Februari 2024
  • 08:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1625 Pengunjung
akun palsu yang mengatasnamakan I Nyoman Parta.

Denpasar, suaradewata.com - Kejadian penipuan di dunia maya semakin meningkat, salah satunya melalui praktik pembuatan akun palsu di media sosial dengan mengatasnamakan identitas orang lain. Contohnya, Anggota Komisi VI DPR RI Nyoman Parta mengalami penyalahgunaan nama dengan dibuatnya akun Facebook palsu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan pantauan di lapangan, akun palsu tersebut dibuat dengan sangat mirip dengan akun aslinya, menggunakan foto pria yang akrab disapa Pak Man, disertai dengan keterangan "Tokoh Publik" pada bagian bio. Namun, jumlah pengikut akun tersebut tercatat hanya sebanyak 95 orang.

Penting untuk dicatat bahwa akun palsu tersebut bahkan telah meminta nomor WhatsApp ketika dihubungi oleh seorang warga. Pemilik akun palsu mengklaim bahwa nomor tersebut digunakan untuk mengirim foto dan alamat pembangunan, padahal Nyoman Parta tidak pernah mengirim pesan kepada individu tersebut.

"Ya, ini adalah akun pribadi saya," tulis akun palsu tersebut saat ditanya mengenai keaslian akunnya. Bahkan, pernyataan serupa ditulis sebanyak dua kali oleh akun tersebut.

Nyoman Parta saat ini tengah mencalonkan diri dalam Pemilu mendatang dengan Nomor Urut 5 untuk DPR RI Dapil Bali. Ia menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan tidak mudah memberikan informasi yang bersifat pribadi atau rahasia.

“Jika menemui akun yang mencurigakan dan diduga sebagai upaya penipuan, diharapkan agar tidak memberikan respons dan segera melaporkannya kepada pihak berwenang,” imbaunya. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER