Ketua PC KMHDI Denpasar Imbau Pemuda Hindu Berfokus Pada Pelaksanaan Malam Siwaratri

  • 09 Januari 2024
  • 19:50 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1366 Pengunjung
Ketua PC KMHDI Denpasar I Dewa Gede Darma Permana

Denpasar, suaradewata.com - Ketua Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Denpasar, I Dewa Gede Darma Permana memberi respon terkait diadakannya konser di Renon, Denpasar yang bertepatan pada perayaan hari suci umat Hindu, yakni Siwaratri. Hal tersebut disampaikan melalui salurat telepon pada Selasa (9/1/23).

“Meskipun konser itu adalah hak warga untuk melaksanakan kegiatan, tentu dalam hal ini akan terjadi ketimpangan dan rawan terjadinya saling usik ketika konser terlaksana berbarengan dengan hari suci, tidak menutup kemungkinan konser akan cenderung mengganggu jalannya proses persembahyangan” jelas pemuda yang merupakan penyuluh agama tersebut.

Pemuda asal Desa Akah, Klungkung tersebut menghimbau kepada pemuda Hindu di Kota Denpasar dapat berfokus pada pelaksanaan hari Siwaratri sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal.

 “Saya sebagai perwakilan mahasiswa Hindu kota Denpasar agar generasi muda Hindu lebih memfokuskan pikiran dan aktifitasnya pada pelaksanaan brata Siwaratri” ucapnya. “Tentu kalau bukan kita generasi muda Hindu yang melestarikan pelaksanaan brata Siwaratri, maka siapa lagi” imbuh Dewa.

Terakhir mahasiswa S2 Undiksa itu menyampaikan harapan kepada masyarakat yang akan mengadakan konser kedepannya menghidari hari-hari suci umat beragama agar tercipta keharmonisan.

 “Kedepan kalau boleh saya berharap pelaksanaan konser tidak mencari hari yang bertepatan dengan hari suci, sehingga ada harmonisasi antara kegiatan yang bersifat sosial dan kegiatan yang bersifat religius” tutupnya.

Made Arka selaku Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar menambahkan bahwa hari suci Siwaratri jatuh setiap satu tahun sekali, tepatnya pada purwaning tilem kapitu berdasarkan perhitungan kalender Saka. Pada hari suci Siwaratri umat Hindu akan memfokuskan dirinya untuk memuja Tuhan dalam bentuk Brata Samadhi.

“Siwaratri diartikan sebagai malam pelebur kegelapan dalam hati untuk menuju jalan yang terang” jelasnya. “Siwaratri memiliki makna khusus bagi umat Hindu, karena pada saat tersebutlah menjadi hari baik bagi umat untuk melaksanakan brata samadhi” imbuhnya.ran/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER