Bangun Ekosistem Digital K-UMKM, Pemkab. Buleleng dan Perusahaan Start-Up berkolaborasi

  • 14 Desember 2023
  • 21:45 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1781 Pengunjung

Buleleng, suaradewata.com- Digitalisasi sekarang ini memiliki peran yang vital di dalam memajukan usaha. Di Kabupaten Buleleng sendiri UKM dan Koperasi terus dikuatkan dan didorong untuk bisa berdaya saing menuju Koperasi dan UMKM (K-UMKM) naik Kelas. 

Atas dasar itu Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM berkolaborasi dengan Samsung Mobile dan PT. Invelli Solusindo meluncurkan ekosistem digital. Hal ini terungkap saat Kadis Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM (DisdaperikopUKM) Dewa Made Sudiarta membuka peluncuran Ekosistem Digital, pada Kamis, (14/12/2023) di Gedung PLUT Singaraja. 

Dihadapan puluhan Koperasi dan UMKM serta mahasiswa yang mendapat pendampingan, Kadis Sudiarta menyampaikan ekosistem digital sangat berguna bagi tatakelola keuangan, usaha, laporan dan pengembangan koperasi dan UMKM melalui platform digital dari Perusahaan Invelli dengan berbagai aplikasi yang diberikan. 

"Aplikasi atau platform seperti Redy, Cardlez dan Genn dari Invelli akan membantu koperasi dan UMKM di Buleleng dalam tatakelola perusahaan dan pemasaran produk secara digital yang akan terintegrasi dengan toko online atau market place yang tentunya memperluas jangkauan pasarnya," ungkapnya. 

Lebih lanjut ujar Kadis Sudiarta bahwa rencananya dalam 2 bulan ini yang difasilitasi Samsung akan membangun Warung Kerja Digital (Warja Digital). Hal ini untuk percepatan transformasi digital bagi pelaku UMKM dan koperasi di Buleleng berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Kominfosanti. 

"Secara online Warja Digital ini bisa membantu pengembangan usaha salah satunya mencari karyawan atau tenaga kerja seiring perkembangan dan penguatan perusahaan. Para pencari kerja tidak perlu membawa bendel banyak untuk melamar. Disini kita tinggal mengecek dan memvalidasi," terangnya. 

Untuk itu pihaknya mengundang total 190 koperasi dan UMKM selama 2 bulan ini untuk ujicoba Warja Digital agar paham cara kerja dalam aplikasi dan Samsung akan memberikan device-device untuk memasukkan produk-produk koperasi dan UMKM sehingga bisa dikenal lebih luas. 

Ditambahkan, dari Invelli akan melakukan program pendampingan-pendampingan seperti pemasaran, kemasan, branding dan lain sebagainya dengan tujuan mewujudkan K-UMKM naik kelas dan go digital secara kolaboratif dan bersinergi. 

Adapun dalam peluncuran ekosistem digital ini peserta akan berdiskusi dengan para founder start-up kemudian cara penggunaan aplikasi-aplikasi melalui smartphone.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER