Bangkai Paus Sperma Terdampar di Pantai Legian 

  • 07 Desember 2023
  • 19:35 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1482 Pengunjung

Kuta, suaradewata.com - Siang hari Kamis, 07 Desember 2023, pantai Legian mendadak dikerubungi banyak orang yang berdatangan. Mereka hanya ingin melihat adanya paus yang terdampar.

Sayangnya paus yang diketahui jenis sperma itu sudah dalam keadaan membusuk. Paus dengan panjang 10,6 meter dan bobot lebih dari 1 ton pertama kali terlihat di wilayah perbatasan perbatasan pantai Legian depan Bangunan Tower Peringatan Tsunami Arjuna.

Paus berwarna hitam itu dijelaskan Kepala Seksi Koservasi Wilayah(I) BKSDA Bali, Sumarsono saat ditemukan kondisi kulit sudah rusak, kulit terkelupas, bagian usus keluar dan mengeluarkan bau busuk.

"Perkiraan paus ini sudah mati di tengah laut kisaran tiga sampai 6 hari lalu. Itu dari analisa kerusakan pada tubuh paus. Keterangan warga sehari sebelum paus terdampar sudah mencium bau busuk," terangnya.

Kata dia, karena kondisinya sudah membusuk, bangkai Paus ini langsung dikubur di Pantai Legian depan Bangunan Tower Tsunami Arjuna, Legian. Namun terlebih dahulu akan dilakukan kajian Ilmiah dengan mengambil sample bagian sirip untuk diuji DNA.

Dari pengamatan Yayasan Bali Bersih, yang asa dilokasi bahwa bangkai Ikan Paus ini merupakan jenis Sperma. Hal ini terlihat dari bagian gigi, kepala, tulang dagu sudah keluar dan sirip samping serta hidupnya memang ada di perairan Bali.

"Paus sperma memang satu kawanan atau satu grup. Dimungkinkan terpisah dari rombongan dan sonarnya rusak sehingga terdampar," tutup Sumarsono.mot/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER