Nyoman Parta Jelaskan Pemanfaatan Potensi Panas Bumi Sebagai Energi Bersih dan Terbarukan

  • 27 September 2023
  • 21:15 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1916 Pengunjung
Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta menjelaskan pemanfaatan energi panas bumi yang dilakukan oleh PT Pertamina Geothermal Energy kepada warga Tegallalang. SD/ist

Gianyar, suaradewata.com - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) sebagai sebuah perusahaan energi yang berfokus pada pengembangan, eksplorasi, dan produksi energi panas bumi di Indonesia terus berkomitmen untuk memanfaatkan potensi panas bumi Indonesia secara optimal guna menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan.
Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta mengatakan, dirinya bersama dengan Komisi VI DPR RI terus mendorong dan mendukung upaya pengembangan energi bersih dan energi baru terbarukan secara nasional yang dilakukan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO).
"Kita berharap, melalui kolaborasi dengan pihak-pihak terkait dan penerapan praktik terbaik dalam industri, PT Pertamina Geothermal Energy terus berusaha untuk tetap menjadi motor penggerak dalam transformasi energi bersih di Indonesia," ungkap Nyoman Parta saat sosialisasi bersama warga dengan tema Peran PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) dalam Proses Transisi Energi Bersih dan Berkelanjutan di tegalalang, Gianyar Bali (22/9/2023). 
Lebih lanjut Nyoman Parta menyampaikan, potensi energi geothermal atau energi panas bumi di seluruh Indonesia merupakan karunia Tuhan, karena wilayah Indonesia berada di cincin api. Sehingga edukasi tentang geothermal ini penting dilakukan untuk menambah cakrawala pengetahuan semua lapisan masyarakat.
Dengan kepemimpinan yang kuat dalam industri energi panas bumi lanjutnya, PGEO berkomitmen untuk memanfaatkan potensi panas bumi Indonesia secara optimal guna menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan. Sebagai pelaku utama dalam industri energi panas bumi di Indonesia, PGEO memiliki portofolio proyek yang luas dan beragam.
"Dengan teknologi canggih dan tim ahli yang berpengalaman, mereka mengelola rantai nilai produksi energi panas bumi mulai dari eksplorasi hingga distribusi. Memiliki kapasitas terpasang secara own operation sebanyak 672 MW, dan 1205 MW dari Joint Operation Contract (JOC) yang berasal dari 15 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) yang terbagi ke dalam 6 (enam) area operasi. Kami mengapresiasi komitmen keberlanjutan merupakan pilar penting dalam operasional PGEO. Dengan mengusung tema Energizing Green Future, PGEO menjunjung tinggi tanggung jawab lingkungan dan sosial dengan menerapkan praktik-praktik terbaik dalam pengelolaan proyek-proyek energi panas bumi Mereka tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi, tetapi juga memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan mereka. Kita sangat mengapresiasi hal itu," paparnya. 
Salah satu peserta sosialisasi Kadek Jagantara mengucapkan terima kasih atas diselenggarakan sosialisasi ini diwilayahnya. “Dengan adanya sosialisasi ini kami jadi paham apa itu geothermal, potensinya dan masih banyak lagi. Acaranya juga dikemas dengan games jadi tidak seperti seminar biasa, sangat menyenangkan,” ujar Kadek Jagantara. rls/gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER