SPPBE Berperan Menjaga Ketersediaan Gas Melon

  • 18 Agustus 2023
  • 20:05 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1614 Pengunjung
Pengambilan gas 3kg oleh agen di SPPBE PT Prapen Artha Dewata. ist/sd

Gianyar, suaradewata.com - Diakhir bulan Juli 2023, beberapa wilayah di Bali sempat terjadi kelangkaan gas Elpiji 3 Kg. Dimana banyak warga mengeluhkan kelangkaan gas elpiji 3 Kg menjelang hari raya Galungan. Namun kelangkaan tersebut dibantahkan oleh Pertamina, dimana Pertamina mengklaim selama ini stok elpiji 3 kg di Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) dalam kondisi aman dengan pendistribusian gas ke  agen - agen masih normal sesuai dengan alokasi yang dibutuhkan.

Terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 Kg di beberapa wilayah di Bali menjelang hari raya Galungan dan Kuningan disebabkan oleh konsumsi gas mengalami peningkatan, sehingga dari pihak Pertamina sempat menambah distribusi elpiji ke masing-masing agen.

Menanggapi fenomena kelangkaan gas melon (elpiji 3kg), Kepala Operasional SPPBE PT Prapen Artha Dewata, Agus Eka Putra mengatakan bahwa, stok elpiji 3 Kg di Stasiun Pengisian dan Pengakutan Bulk Elpiji ( SPPBE ) dalam kondisi aman, dimana pendistribusian elpji 3 Kg dari SPPBE ke agen-agen berjalan normal sesuai dengan alokasi yang dimiliki oleh masing-masing agen. "Untuk elpiji 3 Kg di SPPBE Prapen Artha Dewata didistribusikan ke 8 agen resmi yang telah ditunjuk oleh Pertamina yang ada di Kabupaten Gianyar, selanjutnya dari agen akan menyalurkan elpiji 3 Kg kemasing – masing pangkalannya," terangnya, Jumat (18/8/2023).

Lebih lanjut disampaikannya, keberadaan SPPBE PT. Prapen Artha Dewata cukup berperan dan membantu dalam menjaga ketersediaan elpiji 3 Kg di Kabupaten Gianyar dengan jumlah kuota elpiji 3 Kg perhari yang didistribusikan ke  Agen rata-rata 12.320 tabung. Sehingga dengan jumlah tersebut, semestinya ketersediaan elpiji 3 Kg di pasaran masih aman jika pendistribusiannya tepat sasaran. "Kedepan SPPBE PT. Prapen Artha Dewata tetap berkomitmen untuk mengikuti kebijakan Pertamina dengan tepat waktu melakukan pengisian dan pendistribusian elpiji 3 Kg ke masing-masing agen sesuai dengan alokasinya kecuali hari libur nasional, sehingga pendistribusiannya di rapel untuk hari berikutnya," lanjutnya.

Agus juga mengimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk tidak panic buying apabila mengalami kesulitan dalam memperoleh elpiji 3 Kg. Terutama pada saat hari libur nasional, untuk mencegah adanya pembelian maupun penyetokan gas dalam jumlah banyak sehingga berdampak terhadap terjadinya kelangkaan elpiji 3 Kg di pasaran. rls/gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER