Sambut Hari Raya Galungan dan Kuningan, Kebun Raya Bali Kembali Gelar Event Bazzar Hari Raya

  • 26 Juli 2023
  • 13:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1718 Pengunjung
Bazzar Hari Raya yang digelar Kebun Raya Eka Karya Bali. istimewa

Tabanan, suaradewata.com – Menghitung hari menuju perayaan hari raya Galungan dan juga Kuningan, momentum sakral umat beragama Hindu dalam memperingati kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan) dalam diri manusia dan juga sekitarnya. Dalam hari yang suci ini, Kebun Raya Bali juga turut mempersiapkan sebaik mungkin dari segi kesiapan pelayanan pariwisatanya.

 

Galungan yang datang selama 210 hari sekali ini akan jatuh pada hari Rabu, 02 Agustus 2023 mendatang. Biasanya, lonjakan pengunjung akan sangat terasa selama nuansa hari raya Galungan dan Kuningan berlangsung. Untuk Galungan, dimana tepat sehari setelah hari suci Galungan, terdapat hari Umanis Galungan. Makna atau tujuan hari Umanis Galungan adalah untuk mengembalikan serta memupuk energi positif yang ada dalam diri dan lingkungan agar semakin menebarkan kebermanfaatan dan kebahagiaan dalam menjalani rutinitas kedepannya. Biasanya, hari raya Umanis Galungan dirayakan dengan jalan-jalan bersama keluarga, silaturahmi ke rumah sanak saudara, piknik bersama teman terdekat, atau melakukan perjalanan spiritual. Sedangkan untuk hari raya Kuningan dimaknai untuk selalu menjaga kemenangan Dharma yang dirayakan saat Hari Raya Galungan.

 

Untuk mempersiapkan lonjakan pengunjung dalam suasana hari raya Galungan dan Kuningan mendatang, Kebun Raya Bali bersama beberapa UMKM lokal Bali menjalin kerjasama untuk mengadakan event Bazar Hari Raya. Event ini akan berlangsung selama 7 hari secara terpisah, yakni pada 02-06 Agustus (Galungan) dan 12-13 Agustus 2023 (Kuningan). Menariknya kali ini tidak hanya menggandeng UMKM di bidang kuliner, namun pengelola juga mengajak komunitas-komunitas dari berbagai bidang untuk turut bergabung memeriahkan suka cita perayaan Galungan ini.

 

Tito Triputra selaku General Manager Kebun Raya Bali menjelaskan bahwa lokasi Bazar Hari Raya yang terpilih adalah Petak Cemara dan Lake View (Pemandangan Danau). Untuk mencapai kedua lokasi ini, Teman #KebunRaya dapat menggunakan kendaraan roda 4 pribadi pada hari Rabu, 02 Agustus 2023 s/d Kamis, 03 Agustus 2023 dan Sabtu, 12 Agustus s/d Minggu, 13 Agustus 2023. Jangan khawatir, apabila Teman #KebunRaya menggunakan sepeda motor, untuk mempermudah mobilitas, maka dapat memilih untuk menggunakan fasilitas Shuttle Bus maupun sepeda elektrik yang dapat disewa di Gedung Visitor Center Kebun Raya Bali mulai dari Rp 20 ribu per pax.

 

“Kegiatan Bazar Hari Raya di Kebun Raya ini sudah menjadi event rutin kami sejak dua tahun lalu. Perbedaan kali ini terletak dari upaya kami untuk memberikan beberapa komunitas kesempatan untuk turut bergabung agar lebih banyak variasi kegiatan. Bila berkaca pada catatan kunjungan di hari raya Galungan dan Kuningan 6 bulan atau satu tahun sebelumnya, memang adanya lonjakan jumlah kunjungan hingga 4x lipat dari hari biasa. Seperti hari raya Galungan di bulan Januari yang lalu, hari Umanis Galungan tercatat sekitar 8.000 pengunjung memasuki area Kebun Raya Bali. Kami berharap dengan adanya event ini dapat melengkapi kegiatan berlibur pengunjung,” ungkapnya.

 

Bagi teman-teman UMKM yang bergerak di bidang kuliner, tanaman hias, maupun fashion dan juga teman komunitas di area Bali, Kebun Raya Bali masih membuka kesempatan untuk bergabung hingga tanggal 30 Agustus 2023. Bagi teman-teman yang berminat untuk bergabung, segera hubungi Visitor Center Kebun Raya Bali di WhatsApp +62 811-9711-5933 dan juga dapat mengunjungi laman Instagram di @kebunraya_id atau @kebunraya_bali untuk melihat informasi dan update terbaru mengenai Kebun Raya Bali. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER