PDIP Bangli Targetkan Rebut 20 Kursi, Pendaftaran Bacaleg Diiringi Kirab Budaya Hingga Joged

  • 11 Mei 2023
  • 18:55 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1640 Pengunjung
DPC PDIP Bangli saat mendaftarkan Bacaleg di KPU Bangli, Kamis (11/5).

Bangli, suaradewata.com - Secara serentak diseluruh Indonesia, jajaran PDIP melakukan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (11/5/2023). Tak kecuali, DPC PDIP Kabupaten Bangli. Pendaftaran para calon wakil rakyat di kabupaten Bangli ini merupakan yang pertama daftar ke KPUD Bangli. Saat itu, rombongan dipimpin langsung Ketua DPC PDIP Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, didampingi Sekteris DPC I Wayan Diar dan Bendahara I Ketut Suastika.

Pendaftaran dilakukan dengan cara yang menarik. Sebelum mendaftar, rombongan DPC PDIP dan para Bacaleg terlebih dahulu kumpul di Alun-Alun Kota Bangli. Selanjutnya, mereka bersama-sama melakukan kirab budaya dengan cara jalan kaki menuju Kantor KPU PDIP yang berlokasi di jalan Kesumayuda. Iring-iringan kirab budaya dimulai dari kelompok pembawa bendera merah putih dan bendera partai, penari baris, dan berbagai komunitas di Bangli, pengurus DPC serta Bacaleg. Rombongan juga diiringi satu barung gong dan penari joged.

Sesuai pantauan, rombongan tiba sekitar pukul 08.30 WITA di Kantor KPUD Bangli. Setelah tiba di Kantor KPUD Bangli, Ketua DPC PDIP dan struktur pengurus lain langsung menuju ruangan pendaftaran yang telah disiapkan pihak KPU. Mereka diterima jajaran komisioner KPU Bangli yang dipimpin Putu Gede Pertama Pujawan. Tampak juga Bawaslu Bangli melakukan pengawasan.

Bersamaan dengan itu, para penari joged pentas di halaman KPU Bangli. Suasana Kantor KPU yang semula hening mendadak ramai dengan gambelan joged. Satu per satu simpatisan partai berlambang kepala banteng ini pun ikut ngibing. Bahkan, Sang Nyoman Sedana Arta yang juga Bupati Bangli, usai menyerahkan berkas pendaftaran , ikut nimbrung dan ngibing. 

Ketua DPC PDIP Bangli Sang Nyoman Sedana Arta kepada awak media menyebutkan, pendaftran Bacaleg PDIP hari ini dilakukan bersamaan di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Bangli, sesuai arahan DPP PDIP. “Ini merupakan perintah dari DPP, jadi kita hari ini melakukan pendafaran secara bersamaan di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Lebih lanjut Sedana Arta menyampaikan sebagai partai terbesar di Kabupaten Bangli, pihaknya berkomitmen untuk mendukung setiap tahapan –tahapan pelaksanaan pemilu tahun 2024 sesuai mekanis dan aturan yang ada. “Tadi kami telah daftarkan daftar calon legislative sebanyak 30 orang. Yang disetorkan sesuai rapat pleno DPC dan yang telah mendapatkan rekomendasi induk partai,”ujar pria asal Desa Sulahan itu.

Dia berharap para caleg ini nantinya turun ke akar rumput dalam rangka menyerap aspirasi, harapannya nanti kepercayaan masyarakat makin meningkat kepada PDIP Bangli. “Kita harap kepercayaan masyarakat terus meningkat, dengan begitu target kita untuk meraih 20 kursi dalam Pemilu tahun 2024 bisa tercapai,”sebut Sedana Arta.

Lanjut dia, dalam Pemilu sebelumnya PDIP Bangli dari 30 kursi yang ada, PDIP Bangli telah meraih 16 kursi. Dan, tahun 2024 pihaknya menargetkan akan mampu menambah 4 kursi dari semua daerah pemilihan yang ada. “Dengan caleg incumbent dan pendatang wajah baru , khususnya dari kalangan melinial , pihaknya optimis bisa merebut tambahan 4 kursi tersebut. "Dengan demikian raihan kursi kita nanti bisa mencapai 20 kursi,”ucapnya.

Sedana Arta menyebutkan, optismes raihan tambahan kursi datang dari semua dapil. Namun dalam rapat sebelumnya dikrucutkan di Dapil 1 (Dapil Bangli), yakni 1 sampai 2 kursi, Dapil 2, bertahan atau naik 1 kursi, Dapil 3 (Kintamani) barat akan naik 1 sampai 2 kursi dan Dapil 4 (Kintamani Timur) dipastikan tambahan satu kursi akan direngkuh. Sementara di Dapil Tembuku dari 5 kursi, pihak optimis akan meraih tiga kursi. “ Peluang incumbent dan pendatang baru sama-sama kuat. Tidak ada jaminan, incumbent raihan suaranya akan tinggi, bisa saja pendatang baru jumlah perolehan suaranya besar. Dukungan kalangan melenial sangat menentukan,”bebernya.

Sementara disinggung untuk DPRD Bali, dari jatah tiga kursi untuk Dapil Bangli, pihaknya optimis akan bisa meloloskan dua kader DPC PDIP ke DPRD Renon. “Target dua kursi saya optimis bisa kita amankan untuk DPRD Bali,” tegasnya. Disisi lain, terkait calon DPR-RI, Sedana Arta menegaskan sejauh ini belum ada jatah agar kader PDIP Bangli bisa melenggang ke Senayan. "Midah-mudahan kita akan terus berjuang, lima tahun lagi harus ada calon asli putra dari Bangli yang diadu ke DPR RI," pungkas Sedana Arta.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER