Kirab Akbar Parpol Peserta Pemilu 2024 Dilepas Bupati Buleleng

  • 15 Februari 2023
  • 14:15 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1460 Pengunjung
Kirab Akbar Parpol yang digelar KPU Buleleng dilepas Bupati Buleleng di Gedung Kesenian Gede Manik, Singaraja pada Selasa, (14/2/2023).

Buleleng, suaradewata.com- Setahun Pemilu 2024, Kirab Akbar Partai Politik (Parpol) yang digelar KPU Buleleng dilepas Bupati Buleleng Putu Lihadnyana di Gedung Kesenian Gde Manik, Singaraja pada Selasa, (14/2/2023).

Sebelum melepas peserta kirab akbar Parpol ini, Lihadnyana mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng diminta tetap berinovasi, agar partisipasi masyarakat dalam Pemilu meningkat dari Pemilu sebelumnya. Artinya, KPU diharapkan memiliki strategi khusus untuk mengajak masyarakat mau menggunakan hak pilihnya di Pemilu nanti.

"Kepesertaan masyarakat dalam pemilu itu kalau bisa meningkat tahun depan. Minimal 85 persen targetnya tercapai," ujarnya

Ditegaskan juga, KPU Buleleng harus mempunyai strategi dalam mengajak partisipasi masyarakat agar banyak yang hadir dan menggunakan hak pilihnya nanti saat Pemilu. Jika strategi itu bisa berjalan lancar niscaya masyarakat akan banyak yang hadir menggunakan hak pilihnya, sehingga Pemilu bisa sukses dan berjalan damai. 

"Pastinya jika itu terlaksana, KPU sebagai penyelenggara Pemilu di Kabupaten Buleleng bisa jadi yang  terdepan dibandingkan yang lainnya," ujarnya menambahkan

Pihaknya berharap Pemilu nanti bisa berjalan lancar, stabilitas terjaga dan kesadaran partisipasi pemilih muncul, sehingga nantinya calon-calon yang terpilih nanti mampu membawa Buleleng ini ke arah pembangunan yang lebih baik.

"Melalui kirab akbar hari ini semoga menjadi momentum dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya nanti," tutup Lihadnyana.

Menyikapi target Bupati terkait kepesertaan pemilih nanti, Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana menegaskan pihaknya akan berupaya dalam memenuhi target pemilih agar tercapai 85%. Dimana pada tahun 2019 capaian kepesertaan pemilih baru mencapai 70% dan berharap tahun 2024 bisa terpenuhi.

"Dalam penyelenggaraan pemilu target itu cukup berat untuk dipenuhi. Tapi kami mohon dukungan dari seluruh pihak agar tingkat partisipasi pemilih bisa terwujud dan target bisa tercapai," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya akan mencoba untuk lebih berinovasi lagi sesuai arahan Bupati tadi. Salah satunya melalui kegiatan Kirab Akbar jelang setahun Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada hari ini. Dimana 18 partai politik (Parpol) dilibatkan dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa tepatnya satu tahun lagi akan diselenggarakan Pemilu yaitu pada tanggal 14 Februari Tahun 2024.

Adapun dalam Kirab Akbar ini mengambil rute dari Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja - jl Diponegoro (Peken Anyar) - jl Surapati - jl Wr. Supratman - jl Ratulangi - jl Setia Budi - jl Gajahmada - jl Veteran - jl Pahlawan - jl Laksamana - jl Serma Karma - jl Ahmad Yani dan kembali lagi ke kantor KPU Buleleng yang dilanjutkan dengan deklarasi serta menaikan seluruh bendera Parpol.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER