KPU Karangasem Sosialisasi Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

  • 26 Juli 2022
  • 21:05 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1472 Pengunjung
Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem, IG Krisna Adi Widana melakukan sosialisasi DP3 di Desa Gegelang, Kecamatan Manggis. Foto : KPU Karangasem/sd

Karangasem, suaradewata.com - Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karangasem, IG Krisna Adi Widana mengadakan sosialisasi Desa Peduli Pemilu/Pemilihan (DP3), di Aula Kantor Perbekel Desa Gegelang Kecamatan Manggis, Rabu (26/7/2022). 

Krisna Adi Wibawa menjelaskan, bahwa sosialisasi ini merupakan aspek penting dalam keberhasilan Pemilu mengingat pendidikan pemilih merupakan salah satu elemen penting dalam melahirkan pemilih yang mandiri, rasional, dan berdaulat. “Selain itu, Sosialisasi DP3 juga diperlukan untuk meningkatkan kepedulian pemilih terhadap Pemilu dan Pemilihan,” jelasnya.

Lebih lanjut Krisna mengatakan, dasar hukum pelaksanaannya, yaitu SK KPU RI No.290/PP.06-kpt/06/KPU/IV/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan.

“Sosialisasi ini merupakan kegiatan pemberian pendidikan bagi pemilih yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja KPU Kabupaten/Kota yang dikoordinasi oleh KPU Provinsi dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai haknya dalam memberikan suara saat Pemilu maupun Pemilihan secara mandiri, rasional, dan bertanggungjawab,” kata Krisna.

Sehingga, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas Pemilu dan Pemilihan di Indonesia secara substansial. Desa dengan tingkat partisipasi rendah, rawan konflik, serta desa dengan potensi pelanggaran Pemilu dan Pemilihan yang tinggi akan menjadi sasaran tempat pelaksanaan Sosialisasi DP3. 

Pelaksanaan sosialisasi difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik Kabupaten Karangasem. Sosialisasi di Desa Gegelang juga dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Karangasem, I Wayan Sutapa, praktisi Kepemiluan I Ketut Udi Prayudi, Bawaslu Karangasem, Camat Manggis, Perbekel Gegelang dan tokoh masyarakat Gegelang.rls/gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER