FH UNHI Gelar Kuliah Umum tentang Pewarisan Hukum Adat Bali 

  • 04 Juni 2022
  • 20:05 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1569 Pengunjung
akultas Hukum Universitas Hindu Indonesia menggelar kuliah umum yang bertajuk, "Pewarisan Berdasarkan Hukum Adat Bali" Sabtu (4/6/2022) di Aula Indraprastha, lantai 3 Gedung Rektorat UNHI.  

Denpasar, suaradewata.com - Fakultas Hukum Universitas Hindu Indonesia menggelar kuliah umum yang bertajuk, "Pewarisan Berdasarkan Hukum Adat Bali" Sabtu (4/6/2022) di Aula Indraprastha, lantai 3 Gedung Rektorat UNHI.  

Kuliah umum ini menghadirkan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Udayana,Prof.Dr.I Wayan P.Windia,S.H.,M.Si. dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum UNHI, Dr.I Putu Sastra Wibawa,S.H.,M.H, Wakil Dekan Ida Bagus Alit Yoga Maheswara,S.H.,M.H, Kaprodi Hukum Adat, I Made Gede Arthadana,S.H.,M.H. Kaprodi Hukum Hindu, Dra I G A K Artatik,M.Si Dan jajaran dosen Fakultas Hukum UNHI. 

Acara tersebut diikuti oleh sekitar 97 orang mahasiswa ini berlangsung menarik karena  pewarisan menurut adat Bali merupakan masalah aktual yang sering dihadapi oleh para pemangku kepentingan khususnya para prajuru adat di Bali. 

Hal menarik yang diungkap oleh Prof Windia bahwa sejatinya pewarisan dalam Hukum Adat Bali adalah bentuk tanggungjawab atau swadharma manusia Bali baik swadharma parahyangan, pawongan dan palemahan.  

Pada bagian lain, Dekan Fakultas Hukum Dr.I Putu Sastra Wibawa,S.H.,M.H memaparkan pihaknya menggelar kuliah umum ini selain sebagai bagian dari wujud Tri Dharma, juga merupakan jawaban atas permintaan mahasiswa yang haus akan pengetahuan tentang Hukum Adat khususnya di Bali.  

"Mahasiswanya banyak yang berprofesi sebagai prajuru adat dimana mereka kerap kali menghadapi masalah di lapangan," tegasnya.

Berkaitan dengan itu, menurut Dekan muda ini, pihaknya akan sedapat mungkin akan rutin menggelar kuliah umum yang menghadirkan para ahli/praktisi di bidang Hukum. "Kami juga mengajak para muda Bali yang tertarik pada masalah Hukum Adat untuk bergabung dengan Fakultas Hukum UNHI", pendaftaran kami buka sampai September 2022, silakan daftar online melalui,.www.smrti.unhi.ac.id/," tandasnya.ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER