Diverifikasi Faktual, Dewan Pers Ingatkan Suaradewata.com Konsisten Sajikan Berita yang 'Bernyawa'

  • 23 Maret 2022
  • 20:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1738 Pengunjung
Tim verifikasi faktual Dewan Pers saat melakukan verifikasi di Kantor redaksi Suaradewata.com, Rabu (23/2/2022). (AYU TRISNA/SD)

Tabanan, suaradewata.com – Kantor redaksi suaradewata.com yang berlokasi di Jalan Anyelir, Dukuh, Tabanan dikunjungi tim verifikasi faktual Dewan Pers, Rabu (23/3/2022).

Tim verifikasi faktual terdiri dari Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers, Ahmad Djauhar dan staff Sekretariat Dewan Pers, Sri Lestari yang tiba di kantor redaksi suaradewata.com sekitar pukul 13.00 WITA.

Selanjutnya pimpinan perusahaan bersama tim redaksi suaradewata.com dicecar sejumlah pertanyaan oleh tim verifikasi faktual seputar proses pembuatan dan penerbitan berita. Juga dilakukan pengecekan kelengkapan dokumen administrasi.

Tim verifikasi faktual kemudian memberikan saran dan masukan, serta mengkoreksi sejumlah hal terkait pemberitaan.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Djauhar menjelaskan bahwa verifikasi faktual tersebut dilakukan untuk mengecek apakah media tersebut sudah profesional atau belum. Dan suaradewata.com menjadi satu dari beberapa media di Bali yang menjalani verifikasi faktual kali ini. “Untuk memastikan apakah media ini sudah memenuhi standar perusahaan pers atau belum. Tapi yang saya kunjungi memang beberapa ada yang belum karena hanya memuat press rilis,” ujarnya.

Ditambahkannya jika pihaknya ingin agar media dan wartawan sebagai pekerjaan yang mulia, tidak hanya memuat berita press rilis. Sebab media harus dapat memberikan pencerahan untuk masyarakat dan harus ada manfaatnya untuk masyarakat. “Maka dari itu media harus ekstra effort, bekerja keras untuk pemberitaannya agar berkualitas. Apalagi suaradewata.com membeli semboyan ‘berita adalah nyawa’ sehingga harus konsisten menyajikan berita-berita yang ‘bernyawa’,” tandasnya.

Sementara itu, tim redaksi suaradewata.com pun mengucapkan terima kasih kepada tim verifikasi faktual yang telah dilakukan dan optimis suaradewata.com dapat lolos verifikasi faktual. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER