Cek Validitas dan Akurasi DPB, Bawaslu Tabanan Turun ke 30 Desa

  • 18 Februari 2022
  • 09:55 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1648 Pengunjung
Bawaslu Kabupaten Tabanan melakukan Uji Petik Verifikasi Faktual terkait Data Pemilih Berkelanjutan, Kamis (17/2/2022). ISTIMEWA

Tabanan, suaradewata.com -  Dalam Upaya wujudkan data pemilih yang aktual, mutakhir dan komprehensif, Bawaslu Kabupaten Tabanan kembali turun ke 30 desa yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Tabanan untuk melakukan Uji Petik Verifikasi Faktual terkait Data Pemilih Berkelanjutan, Kamis (17/2/2022). Data tersebut sebelumnya telah diplenokan pada hari Kamis, Jumat 27 Januari 2022 oleh KPU Kabupaten Tabanan sebanyak 364.675 pemilih. Pelaksanaan pengawasan pun dilakukan Bawaslu mulai hari Selasa sampai Jumat, tanggal 15-18 Februari 2022. 

 

Seperti halnya yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Tabanan I Made Rumada. Menurutnya melalui pelaksanaan uji petik ini, Bawaslu Tabanan hendak memastikan bahwa Daftar Pemilih Berkelanjutan Hasil Pemutakhiran KPU Tabanan benar–benar akurat dan juga data tersebut absah (Valid) sesuai dengan apa yang ada di lapangan.

 

"Terkait hal itu, warga kami sarankan berperan aktif melaporkan atau mengurus dokumen serta administrasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Data dari Dinas Dukcapil, yang nantinya menjadi acuan bagi KPU daerah untuk melakukan pemutakhiran daftar pemilih," tegasnya.

 

Sementara Kordiv Pengawasan, Humas, dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Ketut Narta mengatakan, bahwa pihaknya mengoptimalkan seluruh upaya dalam meningkatkan kualitas dari DPB itu sendiri. Sebagaimana upaya tersebut, dilakukan dengan cara memastikan langsung di lapangan dengan melakukan Uji petik (sampling) bahwa data-data pemilih yang terdapat di dalam DPB yang telah dimutakhirkan oleh KPU Tabanan.

 

"Terkait hal itu, Bawaslu Tabanan  melakukan uji petik di 27 desa  dan 9 Kecamatan. Uji petik ini dibagi empat tim. yaitu tim pertama yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Made Rumada, tim kedua dipimpin saya sendiri, tim ketiga dipimpin I Gede Putu Suarnata, dan tim keempat dipimpin Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Ketut Winasa, serta seluruh staff teknis Bawslu Kabupaten Tabanan," paparnya.

 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan jika hasil sampling yang Bawaslu Tabanan lakukan ini bagian dari rangkaian proses yang ingin dikontribusikan pada tahapan pemutakhiran data pemilih dan akan di koordinasikan ke KPU Tabanan.  Dari tim  Bawaslu Kabupaten Tabanan pada hari pertama dan kedua telah turun melakukan verfak pada Kecamatan Kecamatan Selemadeg Barat, Baturiti, Selemadeg, Penebel, Marga, Tabanan, dan Kerambitan. Hari Ketiga dilanjutkan pada Kecamatan Selemadeg Timur dan sebagian Kecamatan Kediri untuk memastikan data pemilih baik yang melakukan perubahan data (status perekaman), maupun pemilih yang tidak memenuhi syarat karena sudah meninggal dunia.

 

“Tentunya kegiatan Uji Petik Verifikasi Faktual ini akan terus kita lakukan, kemarin dan hari ini sudah 9 Kecamatan, nantinya kita akan lanjutkan lagi selama sisa minggu ini. Sejauh ini tidak ditemukan permasalahan selama turun, mungkin besok ada perbedaan data yang kami temukan. Kita harus memastikan kebenaran data yang dimutakhirkan oleh KPU Kabupaten Tabanan untuk menjamin terwujudnya data pemilih yang aktual, mutakhir, dan komprehensif," tandas mantan Komisioner KPU Tabanan tersebut. (ayu/yok)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER