Peringati Hari Lahir Pancasila, ini yang Diminta Bupati Sedana Arta Kepada Masyarakat

  • 01 Juni 2021
  • 19:45 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1447 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Nilai-nilai luhur Pancasila yang dirumuskan Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno harus diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, tentu tidak boleh melupakan sejarah jaman dulu. Tetapi sejarah itu harus diaktualisasikan dengan tindakan untuk mengisi kemerdekaan. Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, ditemui usai apel bendera serangkaian Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2021 di Halaman Kantor Bupati Bangli, Selasa (1/06/2021).

Pelaksanaan apel bendera tahun ini, hanya diikuti oleh pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Meski demikian, pelaksanaan apel bendera berlangsung secara khidmat.

Lebih lanjut Sedana Arta mengungkapkan sebagai warga Negara Indonesia yang Baik harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila itu mulai sila ke 1 sampai sila ke 5,  sehingga Bangsa Indonesia tetap bersatu yakni Bangsa Indonesia. ”Mari kita implementasikan nilai-nilai luhur Pancasila itu dalam kehidupan kita sehari-hari sesuai dengan swadharma atau kewajiban kita masing-masing,’” ujar  Bupati asal Desa Sulahan tersebut.

Sedana Arta kemudian  menambahkan nilai-nilai Pancasila yang digali dan digagas oleh Presiden 1 Indonesia Bapak Ir, Soekarno bukan hanya sebagai dasar Negara Republik Indonesia, bukan hanya sebagai pemersatu Bangsa tetapi Pancasila adalah pandangan hidup the way of life bagi seluruh Bangsa Indonesia, maka di momen Covid 19 yang melanda kita semua sebagai anak Bangsa harus mempererat persatuan dan kesatuan diantara sesama warga Bangsa Indonesia. ”Tanpa persatuan negara kita tidak akan kuat tetapi dengan persatuan Indonesia menjadi Negara yang tangguh, kita yakini dengan bersatunya Negara Indonesia kita bersama sama akan bisa melewati pandemi covid-19 ini,” tegas Sedana Arta

Lebih lanjut disampaikan semangat hari lahirnya Pancasila ini kita gelorakan di seluruh masyarakat Kabupaten Bangli, dikalangan ASN Pemkab Bangli untuk bener-benar bisa membawa Pancasila didalam bekerja menjalankan tugas sebagai ASN dan Pancasila bukan hanya diucapkan tetapi dilakukan dan dihayati.  “ Di kalangan ASN Pemerintah Kabupaten Bangli harus tetap menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila di dalam menuntaskan program Pemerintah Kabupaten Bangli dan Visi Misi Kabupaten Bangli yakni Nagun Sad Kertih loka Bali menuju Bangli Era Baru,”pungkasnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER