Waspada Pesan WA Mengatasnamakan Dirut Perumda Tirta Sanjiwani Gianyar

  • 29 Mei 2021
  • 15:45 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1659 Pengunjung
Suaradewata

Gianyar,suaradewata.com - Waspadalah terhadap sebuah pesan What's App (WA) mengatasnamakan Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sajiwani Kabupaten Gianyar. Penerima pesan akan ditawarkan kendaraan lelang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

Pesan WA tersebut diterima Sabtu (29/5/2021), oleh wartawan media online, suaradewata.com. Awalnya, nomor WA dengan foto profil Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani (PAM TS), I Made Sastra Kencana menyapa dengan mengucapkan selamat pagi. Karena tidak biasa dan juga no yang digunakan Dirut PAM TS berbeda, wartawan media ini kemudian mencoba mengkonfirmasi langsung ke Dirut PAM TS.

Dirut PAM TS pun membalas bahwasanya nomor HP yang ia gunakan cuma satu seperti biasa tidak ada nomor lain. "Cuma satu no. ......x908" sebutnya melalui pesan WA.

Karena penasaran terhadap pesan WA yang mengatasnamakan Dirut PAM TS, maka dipancinglah si pengirim pesan tersebut untuk mengetahui niatnya. Ternyata si pengirim menawarkan mobil lelangan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang, Kementerian Keuangan RI. "Saya dapat jatah 3 mobil, kebetulan saya sekarang lagi menghadiri acara lelang" kata si pengirim dalam pesan WA.

Ia pun mengirimkan foto daftar kendaraan yang dilelang serta foto prosedur dan mekanisme untuk mengikuti lelang tersebut. Terdapat 35 kendaraan roda 4 berbagai jenis yang dilelang tercantum dalam foto kiriman. Dari yang termurah seharga Rp.90Juta untuk Daihatsu Ayla hingga Rp.750Juta untuk Toyota Alphard. Si pengirim pun memberikan contoh opsi kredit,

"CONTOH OPSI KREDIT

TOYOTA AVANZA VELOZ

Harga : Rp.140.000.000

Dp20%: Rp.28.000.000

Sisa     : Rp.112.000.000

Tenor  : 5thn / 60bln

Cicilan : Rp.1.867.000/bulan

Unit baru .0 % tanpa bunga, tanpa penarikan unit,cicilan Bebas/fleksible 

Unit Baru

Stnk/bpkb/pengantaran unit & request plat sudah di tanggung pihak kantor"

Kecurigaan pun terbukti, pengirim pesan yang mengatasnamakan Dirut PAM TS berupaya menipu. Ketika awak media mengirimkan screenshot percakapan ke Dirut PAM TS, Made Sastra Kencana mengatakan sebaiknya konfirmasi dulu jika ada yang meminta sesuatu atau tidak usah ditanggapi. "Karena tyang (saya) hanya punya 1 nomor saja," ujarnya saat dikonfirmasi.

Sastra Kencana juga mengaku sudah memberitahukan kepada rekan-rekannya melalui WA grup untuk mengantisipasi jika menerima pesan yang mengatasnamakan dirinya.

Pesan penipuan yang mengatasnamakan pejabat di Gianyar, bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya sempat beredar pesan WA yang mengatasnamakan Ketua DPRD Gianyar dan Kapolres Gianyar yang meminta bantuan untuk dikirimkan uang sejumlah tertentu.gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER