Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bangun Tabanan, Dr. Sanjaya Tegaskan Spirit Perjuangan Gajahmada

  • 24 November 2020
  • 13:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1839 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Sebagai salah satu tokoh yang konsisten di bidang pelestarian seni dan budaya di Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM secara resmi membuka gelaran Festival Majapahit yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Tabanan bekerjasama dengan Unacob, Selasa (24/11) di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan. Calon Bupati Tabanan nomor urut 1 itu mengapresiasi kegiatan tersebut karena spirit dari kerajaan yang dikenal dengan Mahapatih Gajahmada nya itu harus tetap dipegang teguh apalagi di era digital seperti saat ini. 

Bahkan sebagai bentuk penghormatan terhadap Mahapatih Gajahmada yang telah mempersatukan Nusantara, Dr. Sanjaya akan menempatkan sebuah patung Gajahmada di areal Taman Kota Tabanan bersebelahan dengan Mahapatih asal Bali yang juga tak kalah sakit yakni Kebo Iwa.

Dalam sambutannya, Dr. Sanjaya yang hadir didampingi anggota DPR RI I Made Urip serta jajaran anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDIP dan Tjokorda Anglurah Tabanan itu mengatakan jika pihaknya saat mengapresiasi kegiatan tersebut karena berhubungan dengan spirit perjuangan Kerajaan Majapahit dengan Mahapatih Gajahmada yang sangat disegani seantero Nusantara. "Meskipun sudah berlalu 750 tahun yang lalu, tapi tetap relevan dengan kehidupan kita saat ini. Dimana di era digital ini, khususnya generasi muda harus meneladani hal-hal baik dari perjuangan Patih Gajahmada," tegasnya.

Dan jika dihubungkan dengan kehidupan saat ini, spirit perjuangan Gajahmada pada jaman Kerajaan Majapahit diharapkan bisa menjadi pedoman bagi generasi muda untuk membangun Tabanan di masa yang akan datang. Maka dari itu, Dr. Sanjaya pun berjanji akan terus mensupport Festival Majapahit dan kegiatan serupa untuk dapat digelar ditahun-tahun berikutnya.

Disamping itu, sebagai bentuk pelestarian budaya serta sejarah, ia pun akan meletakkan patung Gajahmada dan patung Kebo Iwa di areal Taman Kota Tabanan. Dimana kedepannya akan dijadikan Taman Bung Karno karena juga akan diletakkan patung Bung Karno. "Patungnya sudah jadi tinggal dipasang saat HUT Kota Tabanan nanti, ini sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya kita sekaligus untuk membangun spirit perjuangan dari dua Mahapatih yang telah mempersatukan Nusantara dan Bali," tegasnya.

Tak hanya itu, Dr. Sanjaya menambahkan jika kedepannya akan dibentuk Badan Pengelola untuk mengelola kawasan Gedung Mario, Taman Kota hingga Garuda Wisnu Serasi. "Kita ingin terus berbenah, nanti ada tamannya, bunga-bunganya indah, ini sekarang kan belum ada Badan Pengelola, nanti kita bentuk sehingga 24 jam akan dijaga, kebersihannya, keamanannya, manajemennya," tandasnya.ayu/utm

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER