Wisnu Dibuka, Wagub Bali Minta Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

  • 31 Juli 2020
  • 19:20 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1516 Pengunjung
suaradewata

Denpasar,suaradewata.com - Berbagai persiapan dilakukan Pemerintah Provinsi Bali, pasca membuka pintu masuk Wisatawan Nusantara (wisnu) yang salah satunya melalui terminal kedatangan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pada Jumat (31/7). Karena Pulau Bali mampu menekan kasus Covid-19, maka Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) untuk kesekiankalinya melakukan persiapan yang matang, guna memberikan kenyamanan kepada krama Bali maupun wisatawan.

Disela-sela kegiatannya menyambut kedatangan Wisatawan Nusantara (wisnu) di terminal kedatangan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jumat (31/7) tercatat Penglingsir Puri Ubud ini menyinggung pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang hingga kini belum ditemukan obat dan vaksinnya. Ia berharap, kesehatan tetap menjadi perhatian sejalan dengan upaya membangkitkan kembali sektor ekonomi. “Saya amati, prosedur kesehatan telah dipenuhi oleh penumpang yang turun di Bandara Ngurah Rai. Kita juga punya satgas berbasis Desa Adat yang diharapkan dapat memberi informasi lebih cepat ketika terjadi sesuatu di lapangan,” terangnya.

Cok Ace yang didampingi Kadisparda Bali, I Putu Astawa menambahkan, penerapan prosedur yang cukup ketat di pintu masuk dan keseriusan yang ditunjukkan oleh masyarakat Bali dalam penanganan Covid-19 menjadi bagian dari upaya menanamkan meyakinkan dan membangun kepercayaan wisatawan. Ia lantas membandingkan situasi pasca teror bom, dimana objek-objek vital, termasuk tempat wisata dijaga ketat oleh polisi dan tentara.

“Kalau sebelumnya ada teror, wisatawan tentu tidak nyaman dan takut dengan penjagaan ketat aparat keamanan. Tapi pasca teror, itu justru memberi rasa aman. Sama seperti saat ini, dengan menerapkan prosedur masuk yang cukup ketat, secara psikis itu akan memberi rasa nyaman,” bebernya. Selain memberi rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, prosedur pemeriksaan yang diberlakukan di pintu masuk Bali juga bertujuan untuk melindungi masyarakat Bali. “Jadi keduanya kena, warga kita terlindung. Wisatawan juga merasa aman berkunjung,” pungkasnya.awp/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER