Kasatpol PP Bali : Masih Ada Masyarakat Belum Tertib Terapkan Protokol Kesehatan

  • 01 Juli 2020
  • 11:15 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1540 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Upaya untuk mengetahui apakah pasar terpapar COVID-19 atau tidak, maka Sekda Provinsi Bali yang juga selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra dalam rapat koordinasi dengan pengelola pasar rakyat/tradisional, Selasa (30/6) menyarankan untuk dilakukan Rapid Test.

Namun mengingat tidak mungkin melakukan Rapid Test bagi seluruh pedagang, maka kegiatan Rapid Test bisa dilakukan dengan pola pengambilan sampel dengan memilih beberapa pedagang. “Jika kedapatan 1 saja hasil reaktif, maka harus ditindaklanjuti dengan Rapid Test massal,” ujarnya.

Pada bagian lain, Dewa Indra juga mengajak pengelola pasar menumbuhkan budaya malu. Malu kalau pasar yang mereka kelola menjadi klaster baru penyebaran COVID-19. “Kita semua juga harus ingat dengan tanggung jawab moral. Ada rasa bersalah bila kelalaian kita menimbulkan korban. Jadi mari lakukan upaya semaksimal mungkin. Kalau semua upaya telah dilakukan maksimal tapi tetap ada kasus, itu soal lain,” pungkasnya sembari mendorong pengelola pasar untuk menerapkan sistem jual beli online dan pembayaran non tunai. Dengan demikian, pasar tetap akan menjadi tempat yang produktif dan tetap aman COVID-19.

Sementara itu, Kasatpol PP Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Darmadi melaporkan bahwa pihaknya telah turun ke 19 pasar tradisional dan 6 supermaket untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, masyarakat belum sepenuhnya taat dan tertib dalam menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak. Ia juga mengingatkan konsistensi petugas pengawasan. “Jangan sampai poskonya ada, petugasnya tak ada,” ucapnya.

Di lain pihak, Kadisperindag Bali Wayan Jatra menambahkan, keberadaan pasar tumpah yang paling sulit dikendalikan. Oleh karena itu, ia berharap agar pengelola pasar lebih proaktif. Sementara jajaran TNI/Polri yang mengikuti rakor dari kantor masing-masing sepakat mendukung upaya GTPP Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Daerah Bali.awp/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER