Jamin Ketersediaan Beras Murah, Gubernur Koster Kembangkan Lumbung Pangan

  • 27 Juni 2020
  • 10:35 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1563 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Guna memenuhi ketersediaan kebutuhan pangan khususnya beras bagi krama Bali untuk sepanjang waktu secara terjangkau atau murah sebagaimana tertuang dalam visi misi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru, membuat Gubernur Bali, Wayan Koster melaksanakan program pengembangan Lumbung Pangan.

Untuk mengawali pelaksanaan program yang bertujuan mewujudkan kedaulatan pangan di Pulau Bali ini, Gubernur Wayan Koster secara simbolis menyerahkan bantuan kegiatan Lumbung Pangan Masyarakat dan Revitalisasi Lumbung Pangan agar dapat dikelola untuk pemenuhan kebutuhan beras pada bulan Juli sampai Agustus saat secara umum ketersediaan beras relatif berkurang, karena bukan musim panen padi.

Penyerahan inipun dilakukan kepada dua belas kelompok Lumbung Pangan dari lima Kabupaten se-Bali di Jaya Sabha, Denpasar, Kamis (25/6). Dalam sambutannya, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan bantuan ini bertujuan untuk memperkuat peran Lumbung Pangan Masyarakat yang diberdayakan sebagai lembaga untuk mendukung program ketahanan pangan di Provinsi Bali.

“Ke depan kita akan menjalankan program untuk menuju kedaulatan pangan. Tentu ini harus dilakukan secara bertahap. Salah satu unsur penting di dalam menuju ketahanan pangan ini adalah program ketahanan pangan yang harus kita galakkan di masyarakat,” kata mantan anggota DPR RI tiga periode ini.

Salah satu unsur program ketahanan pangan itu kata Gubernur adalah lumbung-lumbung pangan yang harus dihidupkan, direvitalisasi kembali dan diberdayakan sebagai satu lumbung untuk menampung produk-produk pertanian di Bali. “Jadi ini akan kita galakkan di Bali sebagai lumbung yang merupakan kearifan lokal masyarakat yang kita warisan dari para penglingsir kita di zaman dahulu,” ujarnya.awp/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER