4 Pasien Positif Covid-19 Dirujuk ke RSUP Sanglah, 147 Warga Bondalem Dirapid Test

  • 04 Mei 2020
  • 20:30 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 2477 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com - Sebanyak 4 pasien positif Covid-19 di Buleleng kini dirujuk ke RSUP Sanglah Denpasar. Mereka adalah seorang pedagang yang merupakan pasien dengan kode PDP 30, PDP 35, PDP 36 dan PDP 37. Selain itu kasus transmisi lokal penyebaran virus Corona di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Buleleng, membuat tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng melakukan rapid test terhadap terhadap 147 warga di Desa Bondalem pada Senin (4/5/2020) siang.

Sekretaris GTPP Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, 4 pasien positif yang dirujuk ke RSUP Sanglah karena kapasitas di RS Pratama Giri Emas penuh. Pasalnya, RS Pratama Giri Emas sudah merawat sebanyak 20 pasien terkonfirmasi positif. Keempat pasien yang dirujuk ke RSUP Sanglah usianya rata-rata masih muda dan secara fisik sehat.

"Jadi dirujuk bukan karena ada penyakit khusus. Untuk Ruang Mahotama RSUD Buleleng fokus menampung orang yang hasil rapid test reaktif. Jika hasil swab positif, maka dipindahkan di RS Pratama Giri Emas untuk perawatan," kata Suyasa, Senin (4/5/2020) siang.

Mengingat kapasitas di RS Pratama Giri Emas terbatas, Bupati Buleleng, sebut Suyasa, telah mengambil keputusan dilakukan penambahan perlengkapan di tiga ruangan dan diharapkan tuntas tiga hari kedepan. Sehingga, jika dihitung 1 ruangan berisi 4 pasien, maka akan bisa menampung tambahan 12 pasien.

Disisi lain Suyasa yang juga menjabat Sekda Buleleng menambahkan, ada ratusan warga desa Bondalem yang dilakukan rapid test. Hasilnya terdapat 16 orang rapid test-nya Reaktif. Mereka akan dilakukan test swab pada Selasa (5/5/2020). Saat ini mereka dikarantina di salah satu sekolah yang disediakan desa.

"Selama karantina mereka dikawal oleh Satpol PP, TNI, Polri dan Satgas Covid desa. Nanti mereka akan dilakukan test swab sebanyak dua kali. Kalau hasilnya sudah dinyatakan negatif sebanyak dua kali, maka baru bisa dipulangkan," ucap Suyasa.

Hingga Senin (4/5/2020) sore, tim GTPP Covid-19 Buleleng mencatat terdapat penambahan 4 orang terkonfirmasi positif dari hasil test swab. Mereka dengan kode PDP 40, PDP 41, PDP 42 dan PDP 43. Dan 3 orang dari 4 pasien terkonfirmasi positif berasal dari Desa Bondalem. Yakni PDP 40, PDP 41, dan PDP 42 yang sempat melakukan kontak dengan PDP 18 yang sedang menjalani perawatan di RS Pratama Giri Emas.

Sedangkan satu pasien dengan kode PDP 43 adalah seorang pedagang di pasar Bondalem, namun tinggal berasal dari luar Desa Bondalem. "Pedagang (PDP 43) asalnya bukan dari desa Bondalem tapi dari kecamatan berbeda (luar Kecamatan Tejakula)," jelas Suyasa.

Penambahan tim medis di RS Pratama Giri Emas dengan melihat adanya penambahan pasien positif Covid-19 di Buleleng yang saat ini mencapai 24 orang yakni 20 orang kini dirawat di Buleleng dan 4 orang dirujuk ke RSUP Sanglah, menurut Suyasa, diserahkan kepada pihak rumah sakit.

"Penambahan tim medis itu merupakan kewenangan manajemen rumah sakit Giri Emas. Berapa yang dibutuhkan, itu manajemen rumah sakit yang lebih tahu. Yang penting semua tim medis harus siap ketika ditugaskan, untuk menangani Covid-19 ini," tandas Suyasa. rik/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER